Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemerintah dan YPPI Berkomitmen Mengembangan Literasi di Rembang

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Rembang bersama Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) mengadakan kegiatan  “Pelatihan Managemen Perpustakaan” yang berlokasi di Aula Wakil Bupati selama 3 hari (25-27 April 2017). Kegiatan dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Rembang Drs Edi Winarno, M.Pd, M.Hum. Dalam sambutannya disampaikan bahwa akan ada pendampingan dan forum perpustakaan “ Setelah pelatihan secara periodik peserta akan difasilitasi dengan pendampingan. Endingnya adalah membentuk adanya forum perpustakaan untuk mempermudah akses informasi tentang perpustakaan”
Hal ini sejalan seperti yang disampaikan oleh Ibu Trini Haryanti selaku Direktur YPPI yang menyampaikan bahwa Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) mempunyai komitmen pengembangan perpustakaan di Rembang. Dalam sambutannya disampaikan “YPPI saat ini memiliki rumah komunitas Yepi yang bertempat di Gg Mujur. Selain rumah komunitas Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) juga melakukan layanan perpustakaan keliling. Ini merupakan salah satu komitmen Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) terhadap pengembangan literasi di Kabupaten Rembang. Termasuk dengan mengadakan kegiatan pelatihan Managemen Perpustakaan kali ini. ”


Materi yang disampaikan dalam perpustakaan ini adalah tentang manajemen perpustakaan dan Aplikasi SLIMs (Senayan Library Management System). Kegiatan diikuti oleh 21 peserta dari 18 instansi yang terdiri dari 2 perpustakaan desa, 2 TK, 6 Sekolah Dasar, 6 SMP, 2 SMA. Selain mengikuti materi training, peserta juga mendapatkan support buku sejumlah 200 eksemplar dari The Asia Foundation. Di akhir sesi disepakati terbentuknya “Paguyuban Pustaka Rembang” sebagai media sharing dan komnuikasi perpustakaan yang diketuai oleh Bapak Samsul Ma’arif, A.Ma Pus.

Exit mobile version