Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemilihan Duta Literasi Rembang Tinggi Peminat

Pendaftaran pemilihan Duta Literasi Kabupaten Rembang 2024 kebanjiran peminat. Tercatat sebanyak 78 pendaftar mengikuti seleksi tertulis di Kantor Sentra Layanan Universitas Terbuka Kartini Rembang, Selasa (14/5) kemarin.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Rembang, Achmad Soelchan, Rabu (15/5) menyampaikan event pertama kali ini terbilang sukses dan tinggi peminatnya. Hingga penutupan pendaftaran hampir setiap kecamatan mengirimkan perwakilan.

Disebutkannya, pendaftar berjumlah 78 peserta tidak hanya dari kalangan pelajar menengah atas, mulai MA, SMA dan SMK hingga mahasiswa. Namun sebagian juga dari masyarakat umum.

Dalam tes tertulis, para peserta diberikan soal mengenai pengetahuan umum, literasi dan Kabupaten Rembang. Dari hasil penilaian tes tertulis ini, selanjutnya akan diambil 6 terbaik yang masuk dalam babak grand final.

“Grand final kami gelar pada 20 Mei 2024 mendatang, diikuti oleh 6 peserta terbaik. Penilaiannya berasal dari tes tulis, portofolio yang berisi penghargaan di bidang literasi dan jejak digital media sosial yang mengandung kegiatan literasi,” papar Soelchan.

Dinarpus Rembang, lanjut dia, telah menyiapkan piagam penghargaan dari Bupati Rembang, trofi serta uang pembinaan bagi para peserta terbaik. Selain itu, juara pertama mendapatkan uang pembinaan Rp 3 juta.

Disusul juara kedua dan ketiga masing-masing diberikan uang pembinaan Rp 2,5 juta dan Rp 2 juta. Untuk juara harapan 1, 2 dan 3 masing-masing mendapatkan uang pembinaan Rp 1,25 juta, Rp 750 ribu dan Rp 500 ribu.

“Sebelum ini kami punya partner pengembangan literasi ada Bunda Literasi kabupaten dan kecamatan. Setelah ini akan ada patner lagi Duta Literasi. Tugas mereka adalah membantu Dinarpus mengembangkan literasi di Kabupaten Rembang,” pungkasnya. (Ren/Rud/Kominfo)

Exit mobile version