Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Akan Tambahkan Air Mancur Tugu Adipura

Ketika melewati jalan pantura tepatnya di depan Kantor DPRD Rembang, pasti sebagian orang bertanya kenapa ada gazon. Tembok bawah keliling yang berbentuk lingkaran menyanggga tugu adipura juga telah dibongkar dan dipapras.

Hal itu karena Pemerintah Kabupaten Rembang tahun 2022 ini akan merubah tampilan  Tugu Adipura. PAGU yang disiapkan untuk mempercantik tugu adipura ini sebesar Rp 430 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTARU) Rembang, Gantiarto mengatakan tugu adipura yang terdapat tiga kapal itu akan tetap dipertahankan.
Namun tugu tersebut akan ditambah air mancur.

Keberadaan air mancur tentunya dapat memperindah tugu adipura. Selain itu air mancur juga memberikan kesan sejuk ketika melewati tugu tersebut.

Tugu Adipura dengan air mancur juga akan semakin indah ketika di malam hari. Pasalnya akan dipasang sejumlah lampu di bagian bawah.

“Lampu spot malam di bagian bawah menyorot ke atas. Ini masih proses lelang. Tahun ini pengerjaannya selesai,” terang Gantiarto.

Jika ada penambahan spot air mancur. Lebar tembok lingkaran tugu juga akan dipersempit. Sehingga dapat menambah lebar jalan untuk kendaraan melintas.

Bestari Syam warga Kecamatan Lasem yang bekerja di Kabupaten Pati mendukung jika tugu adipura diberi air mancur. Terlebih tidak merubah bentuk lamanya dengan tiga kapal yang menjadi ciri khas Rembang.

“Kalau ada air mancur dan lampunya kan kendaraan yang berhenti di lampu merah kan sambil menunggu hijau bisa menikmati air mancurnya,” ungkapnya.

Adanya air mancur , menurutnya bisa menyejukkan para pengendara yang melintas. Apalagi yang berhenti di tengah terik matahari dan angin laut yang panas di siang hari.(Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version