Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Gelar Pelatihan Pengolahan Pisang

Potensi Melimpah, Pemkab Gelar Pelatihan Pengolahan Pisang
30an ibu rumah tangga Desa Mlagen Kecamatan Pamotan mengikuti pelatihan mengolah makanan dari buah pisang di balai desa setempat, Jum’at (13/1/2023). Pelatihan itu digagas oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Kabupaten Rembang.
Kepala Dindagkop UKM Rembang,M. Mahfudz mengungkapkan pelatihan bertujuan meningkatkan perekonomian warga Desa Mlagen. Pasalnya Desa Mlagen masuk dalam daftar Desa dengan kemiskinan ekstrim.  “Kegiatan ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui keterampilan yang akan bermanfaat. Sehingga ini akan berdampak pada program penanggulangan kemiskinan,” tuturnya.
Lebih lanjut Mahfudz mengungkapkan Desa Mlagen memiliki potensi buah pisang yang melimpah. Sangat disayangkan jika buah pisang hanya dijual dalam bentuk buah. Jika sudah diolah dalam bentuk cemilan dapat mendongkrak harga jual.  “Biasanya dijual mentah pisang di Mlagen, sekarang dibuat ceriping. Kemarin memang direncanakan seperti itu, sehingga nanti pisang yang barang kali nilai ekonomisnya kurang tinggi, melalui proses produksi ini nilainya lebih tinggi,” bebernya.
Pelatihan tersebut merupakan  program pendampingan lima desa dengan kemiskinan ekstrim oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain Desa Mlagen, Dindakop UKM juga mendampingi empat desa lainnya di Kecamatan Pamotan seperti Desa Gambiran dan Desa Sendang Agung. (Mif/Rud/Kominfo)
Exit mobile version