Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang Dorong Peningkatan Kualitas UKS

Dalam rangka meningkatkan kualitas Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dari segi penanganan, pencegahan serta administrasinya,

Pemerintah Kabupaten Rembang Menggelar Workshop Penataan Administrasi UKS SD/ MI di Gedung Hijau, Rabu (29/11/17) pagi. Peserta workshop terdiri dari perwakilan petugas UKS Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah di seluruh Kabupaten Rembang.

Asisten III Sekda Noor Effendi menerangkan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengetahui tugas kelembagaan UKS dan untuk meningkatkan pengetahuan utamanya masalah kesehatan serta menjaga lingkungan agar tetap sehat. Pasalnya sebelumnya yang menangani tugas UKS adalah seorang guru yang tidak sesai bidangnya, sehingga diperlukan pemahaman terkait penataan administrasi.

“Disekolah memang ada lembaganya, namun yang menangani juga bukan khusus biasanya ada guru yang merangkap sebagai petugas UKS sehingga perlu adanya pemahaman bersama,” ujarnya Effendi saat ditemui seusai membuka kegiatan workshop

Lembaga UKS adalah salah satu upaya yang strategis dalam meningkatkan kualitas kesehatan di dunia pendidikan. Pasalnya sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar ini harus menjadi “Health Promoting School” artinya sekolah yang dapat meningkatkan derajat kesehatan warga sekolahnya.

Program pokok UKS meliputi melaksanakan pendidikan kesehatan di sekolah dan madrasah serta menyelanggarakan pelayanan kesehatan. Selain itu juga menciptakan lingkungan kehidupan di sekolah dan madrasah yang sehat dan kuat.

Ia berharap, setelah diadakannya kegiatan ini nantinya dari para pembina UKS kususnya dari kepala sekolah benar-benar bisa menerapkan lembaga UKS yang lebih baik dari sebelumnya, baik secara administrasi maupun penanganan dan pencegahannya. Terutama dalam rangka menjaga generasi muda yang sehat dan kuat.

“Saya berharap setelah peserta mengikuti workshop ini nantinya dapat diterapkan dan diwujudkan di sekolah maupun madrasah masing-masing, “tandasnya.

Exit mobile version