Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang Gencarkan Promosi Sumber Daya Laut

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Rembang menggelar festival kuliner sea food , Sabtu (4/11/2023). Kegiatan memasak seafood menjadi berbagai hidangan digelar di Pantai Indah Layur Deda Gedongmulyo Kecamatan Lasem.

Kegiatan akhir pekan ini diikuti dari Kecamatan Lasem dan Pancur. Peserta yang berjumlah 16  memasak menu- menu berbeda dengan bahan utama sea food seperti kerang, ikan laut dan lainnya.

Kepala Dindagkop Rembang M. Mahfudz menuturkan bahan dasar festival kuliner sea food bersumber dari laut yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

“Kita temukan olahan lumut tambak seperti latoh, luwur namanya. Itu diolah seperti latoh , dengan sambel  kelapa itu enak juga, contohnya seperti itu, ” ungkapnya.

Lebih lanjut sumber daya laut seperti udang , cumi, kakap, kepiting, rajungan dan lainnya diolah dengan menu- menu kekinian. Ada gulai kakap dan kepiting dan rajungan yang dimasak sambel.

Dalam acara tersebut juga menghadirkan Chef Antok dari Grobogan Purwodadi. Chef Antok memasak sea food dengan cara sok kabeh atau dituang semua ciri khasnya.

“Setelah memasak dengan porsi besar , Chef Antok membagikan ke tamu dan undangan serta warga yang datang. ”

Festival Seafood diramaikan dengan senam zumba, bazar UMKM dan hiburan musik. Ada puluhan pelaku UMKM yang turut menjual produk khas Rembang. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version