Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang Jalin Kerjasama dengan PLN dan Bank Jateng Kembangkan UMKM

Pemkab Rembang menjalin kerjasama dengan Bank Jateng Cabang Rembang dan PT. PLN (Persero) UPT. Semarang. Penandatanganan kerjasama dilakukan di kantor Bupati Rembang, Selasa (24/5/2022).

Usai penandatanganan komitmen bersama
dalam peningkatan daya saing UMKM melalui fasilitasi, pembinaan, pelatihan dan pemberdayaan, Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz menyampaikan terima kasih kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah punya niat untuk pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Rembang.

Bupati Hafidz menambahkan perkembangan UMKM di kota Garam terbilang bagus. Pada kuartal pertama tumbuh 3,8 persen.

“Ini cukup signifikan menggerakkan roda ekonomi masyarakat di Rembang,” Tambahnya.

Bupati menjelaskan pemkab Rembang tidak bisa sendirian dalam pemberdayaan UMKM, perlu adanya partisipasi banyak pihak. Kolaborasi dengan berbagai pihak sanagt diperlukan di zaman modern ini.

Untuk menindaklanjuti itu menurut Bupati, pemkab melalui dinas terkait melakukan pelatihan dan pembinaan tentang pemasaran digital. Harapannya, produk-produk UMKM dari kota garam bisa dipasarkan sampai ke luar negeri.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Rembang, M.Mahfudz menyebut jumlah UMKM di kabupaten yang terkenal dengan batuk tulis Lasemnya ini mencapai 99.749. Sehingga sangat relevan jika ingin meningkatkan daya saing.

“Jumlah UMKM ini hampir 20% dari  jumlah penduduk kita adalah pelaku UMKM,” imbuhnya.

Mahfudz berharap dengan adanya kerja sama ini, bisa memberikan manfaat bagi pelaku UMKM. Setidaknya ada 2 BUMN seperti PLN dan PT.Semen Gresik Bank Jateng serta satu BUMD seperti BPD Bank Jateng bersama- sama menumbuh kembangkan UMKM di Rembang. (Mif/Rud/Kominfo)

 

Exit mobile version