Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang Luncurkan Virtual Tour 360° Museum RA Kartini

Berkunjung ke Museum R.A. Kartini Rembang Jawa Tengah kini bisa dilakukan lewat jelajah vitual 360°. Pengguna internet cukup dengan mengakses laman https://museumkartinirembang.id/vtour/

Pengunjung bisa melihat 224 koleksi benda peninggalan Pahlawan Emansipasi Nasional cukup melalui handphone. Seperti meja rias, tempat merawat bayi, ranjang kayu, baju adat jawa , mesin jahit, foto- foto kenangan RA Kartini dan keluarga serta masih banyak lagi.

Kepala Dinas Kabudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Mutaqin melalui Kabid Kebudayaan, Sulistiyowati mengatakan tujuan dari dibuatnya virtual tour 360° untuk menggencarkan promosi Museum RA Kartini di dunia maya atau online , sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luar.

Melalui virtual tour tersebut, pemakai gadget bisa melihat secara 360° semua sudut dan koleksi museum RA Kartini. Harapnya bisa menjadi pemicu ketertarikan orang untuk datang langsung ke museum RA Kartini.

“Melalui virtual tour ini tujuan juga untuk menarik calon wisatawan agar berkunjung langsung. Dengan datang langsung, waktunya wisatawan bisa foto eksis untuk diposting ke media sosial masing- masing, ” ujarnya.

Virtual Tour RA Kartini ini bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Untuk jam buka museum RA Kartini bagi yang ingin datang langsung dibuka mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, khusus hari Jum’at buka 08.00-11.00 WIB.

Melalui virtual tour di laman https://museumkartinirembang.id/vtour/ , pengunjung via online juga bisa melihat benda koleksi sekaligus deskripsinya. Misalnya bothekan tempat ramuan atau jamu milik RA Kartini yang berbentuk piramid 5 susun, ketika foto bothekan tersebut di klik maka akan keluar deskripsi atau sejarahnya.

Sulistiyowati menuturkan bahwa pembuatan virtual tour 360° baru di museum RA.Kartini. Namun ke depan bisa saja merambah ke destinasi lainnya.

“Kalau di Rembang baru museum RA Kartini yang dibuat virtual tour 360° , lainnya mungkin menyusul, ” tuturnya.

Latifa Ayu seorang warga dari Sukoharjo mengapresiasi diluncurkannya virtual tour 360° museum kebanggaan orang Rembang itu. Ketika dicoba seolah dirinya memang berada di dalamnya.

“Bagus sekali sih menurutku, ini kita bisa putar-putar sudut pandangnya dari semua sisi. Yang belum pernah datang jadi bisa survenya lewat virtual tour dulu, nah biasanya jika tertarik dilanjutkan buat datang langsung sekalian foto- foto.”

Setelah mendapatkan info tentang virtual tour tersebut pada Rabu (24/8/2022), Latifapun langsung mencoba dan ikut menyebar luaskan linknya. Harapannya agar semakin banyak yang mengetahui tentang virtual tour itu termasuk teman dan saudaranya yang ada ada di luar kota. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version