Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang Raih Penghargaan  Kinerja Terbaik Pengelolaan Dana Desa  Tahun 2023

 

Pemerintah Kabupaten Rembang,  Selasa 19 Desember 2023 mendapat Penghargaan Penetapan Kinerja Terbaik Pengelolaan Dana Desa  Tahun 2023 dari Kementerian Keuangan RI DJBP Kanwil Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan Kepala Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati, Aris Suputra, kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Rembang , Slamet Haryanto  di kantor KPPN Pati.

Slamet Haryanto mengungkapkan indokator penilaiannya meliputi kecepatan dan ketepatan penyampaian syarat salur dalam pengajuan penyaluran dana desa ke KPPN Pati. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, mulai perencanaan sampai pencairan.

Persyaratan- persyaratan tersebut, antara lain untuk tahap 1, yaitu peraturan desa tentang APBDes dan Surat Kuasa Pemindahbukuan Dana Desa, untuk Tahap 2, Laporan Realisasi penyerapan capaian keluaran dana desa tahun anggaran 2022, dan untuk tahap 3, Laporan realisasi penyerapan dan capaian keluaran dana desa serta Laporan  Konvergensi Pencegahan Stunting Tingkat Desa Tahun 2022.

“Dana desa itukan dimulai dari perencanaan, penetapan APBDes kita tepat waktu , pencairan kita sesuai dengan tahapan- tahapan baik yang untuk BLT (Bantuan Langsung Tunai) maupun dana desa untuk non BLT. Termasuk tata cara pencairan yang desa mandiri itu dua kali, kalau yang belum mandiri tiga kali pencairan, “jelasnya.

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, menurut Slamet menjadi motivasi bagi Pemkab Rembang  untuk meningkatkan kinerja. Terus   bekerja lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version