Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang Serahkan Bonus Atlet dan Pelatih Peraih Medali Porprov 2023

Sebanyak 22 atlet dan 7 pelatih yang meraih medali di ajang Porprov Jawa Tengah (Jateng) 2023 menerima bonus dari Pemerintah Kabupaten Rembang. Penyerahan simbolis berlangsung di alun-alun kota dalam acara panggung hiburan yang menampilkan musisi Deny Caknan pada Senin (29/7) malam.

Bonus ini merupakan janji Bupati Rembang saat pelepasan kontingen atlet Kabupaten Rembang ke Porprov Jateng 2023 di alun-alun kota pada 4 Agustus 2023.

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengapresiasi medali yang diraih atlet-atlet Rembang dalam ajang ajang multi kejuaraan olahraga yang diselenggarakan empat tahunan tersebut. Hingga akhir Porprov, kontingen Rembang meraih total 22 medali, menempati posisi ke-30 dalam klasemen perolehan medali se-Jawa Tengah, dengan rincian 4 medali emas, 5 medali perak, dan 13 medali perunggu.

“Yang saya banggakan Ketua KONI beserta jajarannya yang telah berhasil mengantarkan cabang-cabang olahraga yang diperlombakan tingkat Provinsi dan mendapat 4 (medali) emas, (medali) perak ada 5, (medali) perunggu ada 13,” tuturnya.

Ketua KONI Kabupaten Rembang, Afif Hartiyadi melalui Sekretaris KONI Maruli Dwi Ronisa, menyampaikan bahwa realisasi bonus bagi para atlet dan pelatih Porprov 2023 melalui proses panjang, sehingga penyerahan baru bisa dilakukan pada akhir Juni 2024.

“Besaran bonus sudah di SK-kan, melalui rapat koordinasi, dan ditentukan bersama. Tidak ditentukan oleh satu dua pengurus tapi semuanya ikut hadir dalam rangka membahas besaran tali asih yang diberikan,” jelasnya.

Dirinya menyebutkan, besaran bonus yang diterima masing-masing atlet berbeda-beda. Untuk perorangan peraih medali emas mendapat Rp 40 juta, medali perak Rp 10 juta, dan medali perunggu Rp 7,5 juta. Untuk beregu, peraih medali emas mendapat Rp 50 juta, medali perak Rp 15 juta, dan medali perunggu Rp 10 juta. Nominal bonus ini belum dipotong pajak penghasilan (PPh 21) sebesar 6% dan biaya transfer antar bank.

“Peraih medali emas memang telah disepakati mendapat stimulus yang lebih tinggi untuk memacu semangat para atlet dalam meraih medali emas di masa mendatang. Bukan berarti kami mengenyampingkan perolehan medali yang lain tapi memang dari awal target kita adalah medali emas,” ungkapnya.

Mailaa Najwaa, peraih medali emas dari cabang olahraga muaythai di nomor wai khru, mengaku sangat bersyukur atas bonus yang ia terima. “Alhamdulillahnya bonusnya cair sebelum saya berangkat kuliah, jadi bisa buat tambahan kebutuhan biaya hidup di sana,” pungkasnya. (re/rd/kominfo)

Exit mobile version