Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang Terus Dorong Desa Kembangkan Potensi Wisata

Sektor Pariwisata merupakan salah satu unggulan Kabupaten Rembang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Jumlah kunjungan wisata tahun ini mencapai 1,5 juta orang.

Pengaruh banyaknya tempat wisata yang di kelola desa ikut mempengaruhi jumlah kunjungan tersebut. Dari kunjungan tersebut, memberikan efek ekonomi terhadap masyarakat sekitar.

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz saat Dinamika Pembangunan di Pendapa Kecamatan Bulu , Rabu (26/12/2018) mengatakan pengembangan pariwisata terus di dorong. Di kecamatan Bulu termasuk kecamatan yang memiliki banyak potensi wisata. Seperti  wisata alam goa lowo, hingga agrowisata.

“Pariwisata ini punya nilai ekonomi yang luar biasa. UMKM di desa maupun di luar desa bisa hidup semua, ” pungkasnya.

Pemkab Rembang telah banyak membangun fasilitas penunjang untuk obyek wisata di Rembang, seperti pelebaran akses jalan Pantai Karangjahe. Selain itu Dana Desa juga bisa digunakan sebagian untuk pengembangan wisata di Desa.
PLT Camat Bulu Slamet Haryanto mengatakan, potensi yang ada saat ini sedang dalam pengembangan pemerintah desa, maupun masyarakat setempat.

Kedung Semar di Desa Mlatirejo, Guwo Lowo di Desa Pasedan, dan rumah pohon di Desa Kadiwono yang saat ini sedang dalam proses perintisan. Selain itu, ada juga agrowisata buah – buahan  seperti durian di Ngotoko, dan jambu citra.

“Di Kecamatan Bulu itu juga punya potensi wisata yang cocok untuk dikembangkan, saat ini sedang dirintis. Kami berharap, potensi yang ada, menjadi penopang wisata yang ada di Rembang,” jelasnya.

Kades Kadiwono, Ahmad Ridwan mengungkapkan pihaknya sedang berupaya untuk merintis obyek wisata. Tepatnya di pintu masuk desa tersebut, yang saat ini telah tertata taman Pandansili yang cukup indah.

“Ya kami sedang merintis spot wisata , ini sedang kita buat rumah pohon dulu, nanti ada kita kasih spot- spot foto , wahana outbond juga,” ujarnya.

Melalui dana CSR dari PT. Semen Gresik sebesar Rp. 50 juta menjadi modal awal untuk pengembangan pariwisata Desa yang masuk ring I pabrik Semen Gresik itu. Saat ini sedang dibangun satu rumah pohon persis berada di Taman Pandansili sebelah jalur Rembang-Blora atau selatan Wahana Wisata Kartini Pemandian Mantingan.

Exit mobile version