Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang Terus Periksa Daging Kurban, Hasilnya Temukan Enam Kasus Cacing Hati

Pemkab Rembang Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rembang terus berkeliling memeriksa daging kurban yang ada di wilayah kabupaten Rembang untuk menjamin masyarakat mengkonsumsi daging yang aman dan sehat.

Hasil pemeriksaan tim kesehatan hewan dari saat hari raya Idhul Adha, menemukan enam kasus daging kurban teridentifikasi cacing hati.
Hal itu diungkapkan Plt Kepala Bidang Peternakan, drh Idham Rachamdi menyebutkan enam kasus daging kurban yang mengandung cacing hati ditemukan di empat desa.Cacing hati dapat beresiko bagi kesehatan manusia, akhirnya pihaknya menarik dan membuang daging tersebut. “Diantaranya di desa Kalitengah Kecamatan Pancur satu ekor, dua ekor desa Joho Kecamatan Sale, di desa Mrayun Sale tiga ekor dan desa Sale satu ekor. Akhirnya daging itu kami tarik, dibuang tidak boleh dikonsumsi,” ungkapkan.

Sedangkan hari ini tim kesehatan hewan memeriksa daging kurban dari tiga sapi yang merupakan kurban dari Bupati Rembang, Abdul Hafidz di desa Pamotan.Untuk menjamin keamanan dan kesehatan masyarakat saat mengkonsumsi daging kurban, pemeriksaan kesehatan daging kurban akan dilaksanakan hingga H+3 Idhul Adha

Dari data Dintanpan Kabupaten Rembang, total hewan yang disembelih untuk kurban sebanyak 4.383 ekor, terdiri atas kambing jantan 2763 ekor, domba 886 ekor, kambing betina 29 ekor, sapi jantan 649 ekor, sapi betina tidak produktif 56 ekor.

Exit mobile version