Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Terjun Pantau Pelaksanaan Pilkades

Jajaran Pemerintah Kabupaten Rembang menerjunkan tiga tim, untuk memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 8 desa yang digelar hari Rabu ini(06/12/2017). Bupati Rembang Abdul Hafidz, Sekda Rembang Subakti, dan jajaran Humas Setda Rembang memantau di desa Landoh, dan Glebeg Kecamatan Sulang, serta Desa Logung Kecamatan Sumber.


Sedangkan tim kedua terdiri dari Wakil Bupati Bayu Andriyanto, panitia tingkat Kabupaten, jajaran kepolisian, TNI, dan bagian Tata Pemerintahan, dengan rute pantauan di wilayah pantura seperti Desa Bonang Kecamatan Lasem, Desa Kebloran Kecamatan Kragan, dan Desa Karanganyar Kecamatan Sarang.Sedangkan tim tiga akan melakukan pantauan di wilayah Desa Samaran Kecamatan Pamotan, dan Desa Ngroto Kecamatan Pancur.

Bupati Rembang – Abdul Hafidz, di sela-sela monitoring pilkades, di desa Glebeg kecamatan Sulang mengatakan, untuk pilkades di desa Glebeg, diikuti 2 calon yaitu Muslikin (mantan kepala desa) dan Ika Puji Astuti (Ibu Rumah Tangga).

Dari jumlah pemilih 1.540 orang, namun ada sebagian pemilih sedang tidak di rumah, tercatat sebanyak 7 pemilih menderita sakit dan mendapatkan perawatan di rumah sakit dan 2 orang berada di Polres Rembang karena terjerat kasus hukum ditambah satu pemilih menderita sakit lumpuh.

Bupati menambahkan untuk mengatasi agar pemilih bersangkutan dapat menyalurkan hak pilihnya dan tidak terjadi permasalahan pasca pilkades antara panitia, tim sukses dan calon agar berkoordinasi mencari solusi agar kondisi yang ada tidak dipersoalkan pihak-pihak tertentu.

Bupati Abdul hafidz menjelaskan semua desa pada pilkades serentak ini dianggap rawan, untuk meminimalisir kerawanan tidak melebar peran tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua pihak yang terlibat harus bisa menahan diri.

Terpisah Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Rembang – AKBP. Pungky Buwana Santosa mengungkapkan, untuk pengamanan pilkades sebanyak 250 personel dikerahkan, dengan rincian 150 orang dari Polri, dan 100 orang dari Kodim dibantu satuan polisi pamong praja .

Berdasarkan data di Bagian Tata Pemerintahan setda Rembang jumlah calon mengikuti pesta demokrasi tingkat desa (Pilkades) berjumlah 21 orang. Diantaranya desa Samaran kecamatan Pamotan diikuti 2 calon, Desa Glebeg kecamatan Sulang 2 calon, Desa Landoh kecamatan Sulang 5 calon, Desa Kebloran kecamatan Kragan 2 calon, Desa Bonang kecamatan Lasem 4 calon, Desa Logung kecamatan Sumber 2 calon, Desa Ngroto kecamatan Pancur 2 calon, dan desa Karangmangu kecamatan Sarang 2 calon.

Exit mobile version