Pemerintah Kabupaten Rembang

Penasaran dengan Tradisi Sedekah Bumi, Seniman Yogya Kunjungi Rembang

Sejumlah seniman Geger Boyo asal Yogyakarta berkunjung beberapa hari di Kabupaten Rembang. Mereka melakukan observasi ke beberapa desa sebagai lanjutan diskusi kelompok tentang sedekah bumi, dalam rangka menyambut Pekan Kebudayaan Nasional.

Pada Selasa (12/09/2023) ini melakukan observasi ke Desa Ketangi Kecamatan Pamotan. Di hari sebelumnya mereka mengunjungi Desa Megulung Kecamatan Sumber.

Pranghono  pegiat kebudayaan Desa Sudo Kecamatan Sulang atau disebut Daya Warga mengungkapkan mereka menggali informasi lebih dalam tentang desa-desa itu. Diantaranya sejarah desa, seni tradisi hingga potensinya.

“Sebagian itu sudah kami sampaikan waktu di lombok. Namun mereka perlu data- data yang lebih konkrit lagi, maka seniman- seniman ini terjun langsung ke desa- desa tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya pada  7-9 Agustus 2023 sepuluh desa di Rembang mengikuti FGD Sedekah Bumi yang diselenggarakan di Lombok, NTB. Kesepuluh desa tersebut adalah Desa Sekarsari, Pelemsari, Sumber, Krikilan, Megulung, Kedungasem Kecamatan Sumber, kemudian Desa Ketangi Kecamatan Pamotan, Desa Sudo dan Tanjung Kecamatan Sulang, serta Pondokrejo Kecamatan Bulu. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version