Pemerintah Kabupaten Rembang

Pengerjaan Darurat Jalan Lingkar Tireman- Galonan Ditinjau Bupati

Bupati Rembang H Abdul Hafidz didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Diptaru) Kabupaten Rembang, Sugiharto dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah, Arief Dwi Sulistya meninjau langsung perbaikan darurat jalan rusak di jalan lingkar Tireman Kecamatan Rembang, Jum’at (10/1/2020). Tak hanya itu, Bupati juga mengecek kondisi jalan sekitar pertigaan Pandangan dan jalan di Desa Timbrangan – Tegaldowo Kecamatan Gunem.

Saat pengecekan di jalan lingkar tireman- galonan Bupati mencoba meratakan jalan dengan alat berat. Dan berbincang dengan para pekerja dan masyarakat yang melintas. Khusus di pertigaan ke arah pasar Pandangan Bupati menghampiri satu- persatu pemilik toko dan pedagang untuk memberikan sosialisasi rencana pembangunan jalan dan drainase agar air tidak menggenang lagi saat hujan turun.

Disela- sela tinjauan Bupati menerangkan sebenarnya sudah mempersiapkan perbaikan darurat jalan lingkar Tireman sejak bulan Desember lalu. Namun, di luar dugaan, hingga 30 Desember di sebelah timur jalan Tireman masih ada pekerjaan jalan.

”Kami sebetulnya sudah merencanakan perbaikan Desember kemarin, karena sudah memprediksi kalau jalan rusak di Tireman ini pada musim penghujan akan menjadi sorotan masyarakat. Ternyata Desember belum terlaksana karena pekerjaan jalan di sisi selatan. Kami rencanakan Januari awal. Tapi ternyata masyarakat telah memviralkan terlebih dahulu kerusakan jalan ini, tapi itu tidak apa- apa, ” jelas dia.

Untuk perbaikan permanen Bupati menjelaskan butuh proses karena ada aturan yang mengatur.

“Jadi kegiatan tiba- tiba nggak bisa, karena dalam permendagri nomor 13 tahun 2006 mengamanatkan bahwa kegiatan tidak boleh mendahului penetapan anggaran. Kecuali dalam keadaan darurat misalnya bencana bisa memakai dana tak tersangka. Jadi ini penanganan permanen kalau lancar sekira Mei – Juni mulai, Februari proses lelang , Maret April proses administrasi, ” terangnya.

Dia menambahkan sedangkan untuk mengatasi genangan di pertigaan Pandangan, Pemkab akan melakukan penanganan menyeluruh di tahun 2020 ini.

”Anggaran Rp 12 miliar sudah kita siapkan untuk menanggani perbaikan jalan pertigaan Pandangan. Anggaran itu bisa menjangkau sekitar 4 kilometer dengan pembetonan. Nanti sekalian kami buatkan drainase hingga sungai di dekat Pasar Pandangan agar pertigaan tidak tergenang,” tegas dia.

Sedangkan untuk jalan Timbrangan – Tegaldowo Kecamatan Gunem, Pemkab Rembang merencanakan pembangunan dengan anggaran Rp 4 miliar lebih.

Exit mobile version