Pemerintah Kabupaten Rembang

Penghujung Tahun 2023, Bupati Salurkan Bantuan Ratusan Alsintan

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyerahkan bantuan 400 lebih alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani, Rabu (20/12/2023). Dengan penyaluran ini, kebutuhan alsintan di Rembang tinggal 700an unit lagi.

Bupati mengatakan kebutuhan alsintan di Kabupaten Rembang diperkirakan sebanyak 2.700 unit. Sementara itu sudah ada 2000an unit alsintan berbagai jenis.

“Insya Allah 2024, akan dikasih 300. Ini mau selesai,” imbuhnya.

Pemerintah mengupayakan bantuan alsintan yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan pemerintah pusat.

Bupati berharap kelompok tani merawat bantuan tersebut. Sehingga dapat memberikan manfaat maksimal untuk petani.

Bupati Hafidz mengungkapkan apabila alsintan bisa dirawat dengan baik, maka anggaran dari pemerintah bisa digunakan untuk membiayai kegiatan lainnya seperti perawatan infrastruktur jalan, pembangunan sarana prasarana kesehatan dan lain-lain.

“Jangan dibiarkan tidak terurus, nanti dicuri, nanti minta bantuan lagi , biar baru. Jangan begitu, kebutuhan pemerintah itu banyak, membangun jalan dan lainnya, ” tuturnya.

Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto menambahkan alsintan yang diberikan kepada petani kali ini berupa 3 unit traktor mini, 109 unit traktor, 12 unit traktor rotari, 70 unit kultivator, 7 unit perontok padi, 35 unit perajang tembakau, 24 unit unit kendaraan roda 3 dan 163 unit hand sprayer.

“Ditambah alsintan dari bantuan APBN ada combine tahun ini kita mendapat 6 unit, kemudian ada rotari cultivator dan roda 3,” imbuhnya.

Penerima bantuan alsintan, Suminah berkomitmen bantuan alsintan itu akan dimanfaatkan bersama- sama dengan anggota kelompok tani. Sehingga permasalahan yang disampaikan Bupati tidak terjadi.

“Dipakai kelompok tani, dipakai bareng-bareng. Ini tanam padi rata- rata,” tandasnya.(Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version