Pemerintah Kabupaten Rembang

Pengurus Baru Dikukuhkan, IPSM Jadi Kekuatan Bantu Permasalahan Sosial

Pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) periode 2021- 2026 telah dikukuhkan di aula Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Rembang, Rabu (22/9/2021). Sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial, pengurus IPSM diingatkan agar menjaga motivasi dalam membantu masyarakat.

Plt Kepala Dinsos PPKB, Agus Salim usai mengukuhkan pengurus IPSM yang baru menuturkan salah satu Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara urusan kesejahteraan sosial adalah Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). PSM merupakan kekuatan untuk menggerakkan kepedulian di masyarakat.

Aktif di IPSM disebut Agus merupakan panggilan hidup. Oleh karena itu komitmen menjadi kunci penting dalam mengabdi di tengah masyarakat.

” Kesadaran membangun Komitmen merupakan hal yang penting bagi pekerja sosial masyarakat, ” ujarnya.

Agus juga menghimbau agar pengurus IPSM dapat bersinergi dengan banyak pihak, seperti badan usaha, pilar- pilar sosial dan komunitas sosial lainnya. Dengan demikian akan mempermudah penyelesaian masalah yang ada di masyarakat.

Dwi Ahmad Basori , Ketua IPSM yang baru menuturkan kemiskinan merupakan permasalahan yang cukup komplek. Tentu dengan kondisi tersebut perlu adanya sinergitas semua pihak yang , termasuk dengan komunitas- komunitas sosial yang telah ada.

Dia berkeinginan IPSM juga bisa berdiri di tingkat kecamatan. Jika di semua kecamatan ada tentu masyarakat yang merasakan manfaatnya lebih banyak.

“Harapan kami IPSM juga bisa ada menyebar di tingkat kecamatan- kecamatan. Karena baru beberapa kecamatan saja yang membentuk.”

Hadir dalam pengukuhan pengurus IPSM diantaranya komunitas Info Rembang Berbagi (IRB), Komunitas Covid Ranger, Komunitas sepeda Mak Jeganggik dan sedekah rombongan.

Secara spesial, Ketua LKKS sekaligus istri Bupati Rembang, Hj.Hasiroh Hafidz menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, komunitas sosial yang telah bergerak untuk membantu masyarakat di tengah pandemi covid-19. Harapannya dengan bantuan komunitas, perjuangan pemkab untuk menekan angka kemiskinan semakin ringan, termasuk dengan adanya wadah IPSM.

“Mudah- mudahan organisasi ini bisa semakin jos. Dengan adanya komunitas- komunitas yang bergerak di bidang sosial ini ikut membantu pemerintah, semoga penyandang masalah kesejahteraan sosial bisa semakin berkurang, ” pungkasnya. (Mif/Rud)

Exit mobile version