Pemerintah Kabupaten Rembang

Pentingnya Merawat Ideologi Pancasila

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Rembang mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila, 1 Juni meski libur.

Upacara melibatkan TNI Polri, ASN, Satpol PP, Dinhub, serta sejumlah ormas termasuk pegawai dari Instansi luar kota. Upacara digelar di halaman kantor Bupati setempat, Sabtu (1/6/2019).

Dalam kesempatan itu Bupati Rembang H Abdul Hafidz bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan membacakan sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau (BPIP) Republik Indonesia, Haryono.

Dalam teks sambutan tersebut ditekankan, pentingnya merawat ideologi Pancasila, sebagai sebuah pedoman bangsa yang dapat mempersatukan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”.

“Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”. Kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua Samudra, Pasifik dan Hindia, serta di antara dua Benua, Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara,” jelasnya.

Oleh karena itu, keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari ke Indonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang.

Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa. Walaupun belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, Eksistensi ke Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Bupati Berharap, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila, Pancasila dapat menjadi sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bangsa Indoensia tetap konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Exit mobile version