Pemerintah Kabupaten Rembang

Peran Perempuan Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Peran perempuan di berbagai aspek tidak bisa dipandang sebelah mata, termasuk disektor pariwisata. Di dalam dua poin Sapta Pesona yakni kenangan dan keramahan yang dapat mewujudkannya lebih mudah yakni perempuan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Forum Komunikasi (FK) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Rembang (Pokdarwis), Siti Halimatussa’diyah istri dari Wakil Bupati Rembang, saat talkshow di radio Citra Bahari FM yang dipandu oleh Shella dan Deddy, Kamis (21/4/2022).

Neng Dyah menambahkan keramahan menjadi faktor penting agar wisatawan yang berkunjung akan datang lagi dilain waktu.

“Kita menciptakan kenangan di pariwisata ini dengan keramahan perempuan. Dan peran perempuan untuk berinovasi dan kreativitas pengembangan pariwisata sungguh luar biasa, ” tuturnya.

Disebutkan jumlah pelaku pariwisata juga didominasi oleh perempuan, mulai pengelola maupun pedagang di lokasi. Namun demikian masih sedikit yang duduk di posisi strategis.

Sebagai Ketua FK Pokdarwis , Neng Dyah akan membangun sinergitas antar Pokdarwis di Kota Garam yang jumlahnya 46. FK Pokdarwis ini akan berupaya mendorong sektor pariwisata semakin maju lagi dan itu membutuhkan peran aktif kaum perempuan juga untuk bersinergi dengan pengelola laki- laki.

Sebagai Ketua FK perempuan, Neng Dyah berharap para wanita yang ada di Pokdarwis mau terus belajar dan berusaha. Seperti kata- kata dari Ibu Kartini yang selalu diingatnya, yaitu “Saya Mau”.

“Ada kata – kata dari RA Kartini yang menancap di hati saya, yakni “Saya Mau”, meskipun hanya dua kata tetapi menurut ibu Kartini itu bisa melintasi gunung dan lautan. Saya dan teman- teman sebagai perempuan tetap mau belajar, mau berkarya. Dan tiga kata yang dibuang jauh- jauh yaitu ” Saya Tidak Dapat”, kalau sudah saya tidak dapat itu sudah pesimis pasti tidak akan bergerak, ” tandasnya. (Mif/Rud/Kominfo)

 

Exit mobile version