Pemerintah Kabupaten Rembang

Peringatan Hardiknas, Pemerintah Apresiasi Suksesi Kurikulum Merdeka

Pemerintah Kabupaten Rembang menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Jum’at (13/5/2022) di halaman kantor Bupati. Dalam kesempatan itu Bupati dan para peserta upacara mengenakan pakaian adat

Bupati Hafidz sebagai pembina upacara membacakan Sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan budristek, Nadiem Anwar Makariem menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan atas segala dedikasi, ikhtiar, kepedulian, dan perhatian yang diberikan dalam memajukan pendidikan anak bangsa.

“Selama 2 tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya,” Imbuhnya.

Bupati mengungkapkan kurikulum merdeka yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

Kurikulum merdeka, ujar Menteri Nadiem, menyebabkan anak-anak peserta didik,  tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan. Karena asesmen nasional yang sekarang digunakan tidak bertujuan untuk menghukum guru atau murid.

Asestmen lebih berfungsi sebagai  bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang, Sutrisno, kepada wartawan, seusai upacara menjelaskan diundurnya upacara peringatan Hardiknas karena tanggal 2 Mei 2022 lalu bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri dan periode cuti bersama Lebaran.

“Kemarin itu pada saat pelaksanaan pas hari raya Idul Fitri. Dan pelaksanaan upacara ini didasarkan pada Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022 tanggal 22 April 2022, ” terangnya.

Sutrisno menerangkan karena Rembang masuk level 2 PPKM, sehingga pelaksanaan upacara dilaksanakan secara tatap muka. Pasalnya, berdasarkan surat edaran Kemendikbudristek itu pelaksanaan upacara Hardiknas tanggal 13 Mei ini dilakukan secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan pada wilayah PPKM Level 1 dan Level 2. Sedangkan PPKM level 3, mengikuti upacara bendera melalui siaran langsung Youtube Kemendikbud RI dari kantor masing-masing. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version