Pemerintah Kabupaten Rembang

Peringati Hari Ikan Nasional, Pemkab Rembang Bagi 750 Voucher Makan Gratis

Ratusan orang berdatangan ke pasar kuliner ikan yang ada di pantai Karangjahe Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, Sabtu (19/11/2022).  Di sana Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) menyediakan  750 porsi makanan olahan ikan gratis.

Bahkan terpantau pengunjung antri mengular untuk menukarkan voucher makan gratis. Voucher itu dapat ditukarkan dengan menu makanan olahan ikan yang ada di belasan stand.

Ratusan pengunjung antri menganbil voucher makan olahan ikan gratis di pasar kuliner ikan yang digelar Pemkab Rembang di pantai karangjahe

Menu makanan yang dapat diambil secara gratis yaitu nasi bakar sambel teri, krupuk ikan, pempek, bakso ikan, bistik ikan bandeng, nugget ikan, kaki naga ikan, tahu bakso ikan, siomay ikan, batagor ikan, nasi jagung ikan suwir lombok ijo, peyek teri, nasi oseng cumi hitam, nasi oseng cumi manis, nasi sayur mrico, nasi pepes bandeng presto, nasi pecel lele dan mie hitam.

Salah satu pengunjung pasar kuliner ikan datang bersama ketiga anaknya, Suryanti mengaku antusias ada acara makan gratis . Ia memilih menu bistek bandeng.

“Suka banget ada makanan gratis, kebetulan datang bareng anak- anak. Banyak menu jadi bingung,  tapi tadi kita pilih yang bistek bandeng, ” ungkapnya.

Kepala Dinlutkan Sofyan Cholid melalui Kabid Bina Usaha dan Peningkatan Daya Saing Dinlutkan, Nurida Adante Islami menjelaskan kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 21 November 2022. Pihaknya menyediakan 17 menu kuliner ikan yang dapat dimakan secara gratis oleh masyarakat yang datang.

“Kita sediakan 750 voucher gratis dan semuanya habis. Vouchernya  ditukarkan bebas, karena masing-masing menu menyediakan 50 porsi, ” tuturnya.

Lebih lanjut Dante mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Rembang ingin masyarakat mengetahui bahwa banyak disertifikasi olahan ikan. Dari event tersebut , menurutnya bisa diambil kesimpulan bahwa kudapan yang lebih disukai masyarakat.

“Yang disukai banyak orang itu kudapan bukan menu yang biasa disajikan untuk makanan utama seperti sayur mrico dan mangut. Tetapi pada suka kudapan yang berasal dari olahan ikan seperti dimsum, empek- empek, bistek itu yang cepat habis, ” ungkapnya.

Selain pengunjung mendapatkan voucher makan gratis, di lokasi mereka bisa membeli berbagai produk UMKM atau jajanan yang berbahan dasar ikan. Seperti rengginang teri , stik teri dan cemilan lainnya.

Dalam acara pasar kuliner ikan itu  juga ada keseruan flashmob tari orek-orek. Seperti peribahasa sekali dayung dua tiga pulau terlampau, selain mengkampanyekan gemar makan ikan, Dinlutkan juga ikut memperkenalkan tarian khas Rembang.(Mif/Rud/Kominfo)

 

 

 

Exit mobile version