Pemerintah Kabupaten Rembang

Pj Sekda Rembang Pantau Kesiapan TPS-TPS

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang , Edy Supriyanta, STD, SH, MM
bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang M Ika Ikbal Fahmi dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang Nur Purnomo, Selasa (8/12/2020) malam meninjau langsung sejumlah TPS di dua Kecamatan, yakni di Kecamatan Sulang dan Kecamatan Lasem.

Pemantauan tersebut dirasa penting mengingat besok merupakan pertama kali pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan di tengah pandemi covid-19.
Tinjauan tersebut juga guna memastikan kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) besok termasuk dalam kesiapan dalam penerapan protokol kesehatannya.

Dari hasil pantauan, Pj Sekda mengatakan penempatan bilik suara khusus masih dijumpai di letakkan di dalam ruangan TPS. Oleh karena itu kemudian bilik yang diperuntukkan bagi pemilih yang suhu tubuhnya 37,3 derajat celsius ke atas itu diminta untuk diletakkan di luar ruangan.

“Untuk bilik- bilik khusus terhadap masyarakat dengan suhu badan 37,3 derajat celsius diharapkan tidak masuk ruangan (TPS-red). Jadi bilik khusus itu kita sarankan di luar area, sehingga masyarakat yang suhunya lebih dari 37,3 derajat celsius bisa nyaman di luar, tadi masih ada kemudian kita perintahkan untuk dipindah di luar, ” ujarnya.

Selain itu Edy Supriyanta juga menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Kepada aparatur Kecamatan , Desa dan petugas di TPS juga diminta ikut aktif menghimbau kepada masyarakat selain memakai masker, cuci tangan saat di TPS, juga disiplin menjaga jarak terutama saat menunggu jadwal mencoblos.

Pihaknya juga menerima laporan bahwa ada beberapa TPS di Kecamatan Kragan yang ada di dekat pantai harus dipindahkan dari lokasi awal ke lokasi baru. Pemindahan lokasi disebabkan untuk mengantisipasi adanya hujan lebat atau potensi angin kencang.

“Antisipasi hujan yaitu kita pindahkan dari luar ke dalam ruangan. Sehingga jika hujan turun masyarakat bisa nyaman,” imbuhnya.

Hingga pukul 22.00 WIB, dikatakan Pj Sekda Rembang telah mendapatkan laporan dari para Camat bahwa 1.365 TPS yang tersebar di 187 desa dan 7 kelurahan siap melaksanakan Pilkada pada 9 Desember 2020.

 

 

 

 

 

Exit mobile version