Pemerintah Kabupaten Rembang

Pjs Bupati, Kapolres dan Dandim Sidak Protokol Kesehatan di Pasar Lasem

Penjabat Sementara Bupati Rembang Imam Maskur bersama Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre, Dandim 0720 Rembang Letkol Donan Setyaji melakukan sidak ke pasar tradisional Lasem, Rabu (30/9). Dimana pasar ini menjadi klaster covid-19.

Imam Maskur dalam kesempatan itu menyampaikan dari hasil sidak yang dilakukan, jumlah fasilitas tempat cuci tangan yang ada saat ini dirasanya masih kurang. Setidaknya ada 20 unit tempat cuci tangan di pasar yang diisi 800an lebih pedagang ini. Dengan bekerja sama dengan paguyuban pedagang setempat jumlah tersebut dirasanya bisa untuk dipenuhi.

“Setelah kami cek disini, setelah ada kejadian kemarin bahwa ada klaster di pasar Lasem, penghuni atau pedagang disini turun drastis. Harapannya bahwa kita memastikan klaster disini sudah aman kondisinya. Kemudian pedagang yang lama yang sementara ini tidak berjualan agar dipastikan minggu depan bisa berjualan lagi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Imam Maskur juga memberi himbauan sejumlah pedagang agar selalu memakai masker, sering cuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu penyemprotan disinfektan yang selama ini 1 x seminggu akan ditambah menjadi seminggu 2 x.

Muhammad Zaenudin , salah satu pedagang pasar Lasem menuturkan sejak banyaknya pedagang yang terpapar covid-19 kondisi pasar menjadi lebih sepi.

“Sepi sekarang, orang orang pada takut. Ya sekarang selalu pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak. ”

Dari data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM sebanyak 38 pedagang pasar Lasem terkonfirmasi virus covid-19. Sedangkan 5 pedagang yang terpapar covid-19 telah meninggal.

Exit mobile version