Pemerintah Kabupaten Rembang

Program Pemberdayaan Ekonomi Sukses Dongkrak Kesejahteraan Dhuafa Difabel di Desa Punjulharjo

Desa Punjulharjo telah meluncurkan program pemberdayaan ekonomi untuk dhuafa penyandang disabilitas, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan mereka melalui pemberian modal usaha. Program ini diinisiasi untuk meningkatkan mental, spiritual, dan rasa percaya diri dhuafa difabel, serta memberikan dukungan ekonomi yang bersumber dari Dana Desa.

“Hal ini diharapkan dapat memandirikan mereka dari segi ekonomi melalui kewirausahaan sosial,” kata Ali Mustofa, penggiat wisata jasa lingkungan yang sebelumnya mengelola wisata Karangajahe.

Program inovatif ini lahir dari musyawarah desa yang melibatkan berbagai elemen, seperti BPD, Pemdes, LPMD, PKK, RT, RW, Karang Taruna, perwakilan anak, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Hasil musyawarah tersebut mendapatkan dukungan dari pengelola wisata pantai Karangajahe yang bersedia memfasilitasi lokasi usaha bagi dhuafa difabel. Lokasi usaha dipilih pada titik strategis dengan akses yang mudah dijangkau oleh wisatawan.

“Dengan pertimbangan bahwa aksesnya mudah dijangkau, mudah diketahui para wisatawan untuk membeli dagangannya tersebut,” ujarnya.

Program ini telah berjalan sejak 2021 dan menunjukkan hasil yang signifikan. Sulastri, salah satu penerima manfaat, mengungkapkan perubahan positif yang dialaminya setelah menerima bantuan. Sebelumnya, ia hanya berdiam diri di rumah, namun kini ia lebih aktif secara mental dan ekonomi.

“Saya merasa senang menerima dan melakukan usaha ini, karena sebelumnya saya hanya diam saja di rumah tidak mendapatkan hasil apa-apa, namun dengan adanya program ini saya bisa mendapatkan pendapatan dan bisa berinteraksi dengan banyak orang serta menikmati keindahan alam di tengah-tengah ramainya wisatawan yang berdatangan di tempat wisata desa saya,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Punjulharjo atas program yang diluncurkan khusus untuk penyandang disabilitas, yang seringkali dipandang sebelah mata.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Punjulharjo dan semuanya, atas program ini yang diberikan khusus kepada kita selama ini. Saya tidak bisa membalas apa-apa, hanya bisa mendoakan semoga Pemerintah Desa Punjulharjo semakin jaya ke depannya dan semua masyarakat selalu diberi kesehatan dan rezeki yang melimpah. Aamiin. Karena semuanya telah sudi menerima keberadaan kita sebagai penyandang difabel,” tandasnya. (re/rd/kominfo)

Exit mobile version