Pemerintah Kabupaten Rembang

Puncak Hari Kartini ke 140, Peningkatan Kualitas Perempuan Terus Didorong

????????????????????????????????????

Puncak peringatan hari Kartini tingkat Jawa Tengah yang digelar di pendapa kompleks Museum Kartini, Kabupaten Rembang Kamis (25/04/2019) berjalan meriah. Kegiatan dimeriahkan dengan sejumlah penampilan diantaranya paduan suara Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Rembang, Tari Tubelo dari Bhayangkari dan Charissa anak difabel yang menyanyikan lagu berjudul Oh Tuhan.
 
Dalam kesempatan itu Gubernur Ganjar Pranowo juga memberikan bantuan kepada sejumlah penyandang disabilitas, taliasih kepada perempuan dan hadiah juara lomba jurnalistik.
 
Bupati Rembang H Abdul Hafidz menyampaikan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan hari Kartini di Kabupaten Rembang. Diantaranya, pemutaran film dokumenter disekitar museum Kartini, lomba- lomba , kirab pataka. Berbagai rangkaian kegiatan tersebut menjadi momen spesial yang juga ditunggu oleh masyarakat dan wisatawan.
 
“Peringatan hari Kartini di Kabupaten Rembang menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh segenap masyarakat hingga wisatawan luar negeri. Sehingga, peringatan hari Kartini menjadi pesona daya saing untuk wisatawan ke Kabupaten Rembang.”
 
Dalam kegiatan tersebut juga dilaunching Silabus Kartini Mengajar dan penandatanganan Deklarasi Pemberdayaan Perempuan melalui Kartini Mengajar. Silabus tersebut atas kerjasama sama dengan Bank Indonesia dan Tim Penggerak PKK Jawa Tengah dan Rembang, dan akan dikembangkan di kabupaten / kota lain.
 
Silabus tersebut berisi tentang berbagai pembelajaran bermacam bidang untuk perempuan, misalnya tentang pertanian, nelayan, pembatik dan bagaimana mengelola keuangan termasuk bagaimana cara memasarkan produk melalui online.
 
Sementara itu Ganjar Pranowo berharap Kartini- kartini masa kini harus masuk di era teknologi informasi, seperti lompatan peradaban yang dilakukan RA Kartini dimasanya. Dari pemikirannya akhirnya perempuan bisa mengakses pendidikan seperti kaum pria.
 
Terkait silabus Kartini Mengajar, Ganjar menganggap itu terobosan yang bagus untuk meningkatkan kualitas perempuan.
 
“Silabus Kartini mengajar itu sangat bagus , itu ada usaha untuk memperbaiki kualitas. Quality Improvment ini yang perlu disampaikan, dan ini menunjukkan kepekaan, jika perempuan ingin disamakan laki- laki maka harus ada tindakan khusus yang mendorong dan memberikan ruang terbuka untuk perempuan, seperti pelatihan- pelatihan dan seperti juga kartini mengajar ,” ujarnya.
 
Dikahir Kegiatan Puncak Peringatan Hari Kartini Atikoh Ganjar Pranowo didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Rembang Hj. Hasiroh dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Vivit Bayu Andriyanto dan tamu undangan lainnya berkunjung ke gedung tempat RA Kartini mengajar di pojok utara komplek museum. Dan kemudian dilanjut nonton bareng film pendek sejarah RA Kartini di ruang audio visual Komplek Museum RA Kartini
Exit mobile version