Pemerintah Kabupaten Rembang

Ratusan Anak SD “Disuntik Virus” Gemar Makan Ikan

Ratusan siswa SD dari sejumlah sekolah mengikuti sosialisasi gemar makan ikan di pendapa Museum RA. Kartini, Kamis (30/11/2017).

Acara yang digagas Pemkab Rembang ini dikemas menarik agar anak- anak bisa antusias seluruh rangkaian sosialisasi.

Hj.Hasiroh Hafidz, Ketua TP PKK Kabupaten Rembang yang saat memberikan pengarahan mengatakan bahwa untuk mendukung kecerdasan anak perlu dukungan asupan gizi. Kandungan omega 3 yang terkandung didalam ikan bisa menstimulan kecerdasan anak dan kesehatan badan.

“Pengen cerdas anak-anak harus rajin makan ikan, ikan juga mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan karena mengandung lemak tidak jenuh yang semua bisa diserap tubuh kita. Mulai hari ini nanti kalau sampai rumah matur sama ibunya,” ujarnya.

Menu makanan berbahan dasar ikan saat ini sudah banyak yang dikreasikan. Kreasi makanan yang mungkin bisa diminati anak- anak seperti dibuat sosis, jajanan, ataupun bakso.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Suparman kegiatan itu merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan konsumsi ikan di Rembang. Pasalnya tingkat konsumsi ikan di kota yang memiliki panjang pantai kurang lebih 64 kilometer ini masih terhitung rendah

“Kegiatan ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. Karena di Rembang ini masih tergolong rendah, kisaran 30kg perkapita per tahun,” ungkapnya.

Pihaknya mengakui kesuksesan kampanye gemar makan ikan tidak bisa dilakukan sendirian. Kerjasama dengan ibu-ibu PKK, guru danmasyarakat, menurut analisanya faktor kesadaran keluarga dalam memberikan menu makanan berbahan dasar ikan di dalam keluarga masih rendah.

Dalam sosialisasi tersebut ratusan siswa juga mendapatkan materi dongeng tentang pentingnya makan ikan. Masing- masing juga menerima jajanan dan makanan yang semuanya berbahan dasar ikan, seperti rengginang teri, kripik ikan, roti isi ikan dan lainnya.

Exit mobile version