Pemerintah Kabupaten Rembang

Ratusan Tosan Aji Dipamerkan di Rembang

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang menggelar pameran Tosan Aji di pendapa Museum R.A. Kartini pada 19 sampai 20 Agustus 2022.

Pameran ijni sudah bisa dikunjungi pada Jum’at 19 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB tadi.

Sub Koordinator Museum, Sejarah dan Cagar Budaya Dinbudpar Rembang, Retna Dyah Radityawati, S.S. M.Hum. menyampaikan pameran Tosan Aji merupakan pameran benda-benda pusaka utamanya keris. Tujuannya untuk meningkatkan akses data dan informasi sejarah peninggalan budaya bagi masyarakat.

“Keris ini sendiri sudah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO asli Indonesia. Pameran ini, tidak hanya mempertontonkan keris sebagai warisan budaya tapi juga membedah keris dari sisi ilmu pengetahuan. Seperti dari filosofi pembuatan keris hingga motif yang ada pada keris, ” imbuhnya.

Ia menjelaskan keris memiliki filosofinya masing- masing, begitupun motif pada keris juga mengandung beberapa pesan moral yang ditinggalkan nenek moyang.

“Betapa rumitnya pembuatan keris dan petuah itu ada di dalam sebuah keris. Tidak hanya dari segi magisnya tapi lebih ke ilmu pengetahuan,” terangnya.

Pameran Tosan Aji menampilkan 500an lebih pusaka keris dari berbagai daerah. Event ini menarik karena tak perlu pergi ke berbagai tempat untuk melihat pusaka keris yang berasal dari berbagai daerah.

Lebih lanjut Ia menyebutkan akan ada prosesi penjamasan keris oleh Empu Daliman Pospobudoyo, Dosen Prodi Keris dan Senjata Tradisi ISI Solo. Bagi yang ingin melihat langsung, bisa datang pada Sabtu malam (20/8/2020) pukul 19.00 WIB.

Selama dua hari pelaksanaan pameran Tosan Aji akan dibuka pukul 10.00 WIB sampai 23.00 WIB . Pada Jum’at malam nanti akan ada opening show, kirab pusaka dan karawitan. Sedangkan Sabtu malam sejumlah acara seperti workshop jamasan keris dan sarasehan. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version