Pemerintah Kabupaten Rembang

Rembang Presentasi Keterbukaan Informasi Publik di UNNES

Komisi Informasi (KI) Jawa Tengah (Jateng) menggelar persentasi Uji Publik bagi Badan Publik yang lolos verifikasi dengan kategori menuju informatif. Uji Publik dilaksanakan di gedung Rektorat Universitas Negeri Semarang (UNNES). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang mempersentasikan tentang keterbukaan informasi di Kota Garam pada Selasa (13/12/2022).

Uji publik yang rutin dilakukan setiap tahun oleh KI Jawa Tengah diharapkan dapat melihat adanya peningkatan kualitas informasi, infrastruktur (media komunikasi publik) untuk menyampaikan informasi, serta regulasi kelembagaan PPID kabupaten maupun desa.

Materi yang disampaikan Materi yang disampaikan yakni Inovasi terkait pelayanan publik/pemberian informasi kepada masyarakat, pengalokasian anggaran dan regulasi PPID hingga tingkat desa dan Penggunaan media dan transparansinya untuk penyampaian informasi maupun aduan masyarakat.

Kabupaten Rembang sebagai pemapar presentasi Wakil Bupati Mochamad Hanies Cholil Barro’ , didampingi Kepala Dinas Kominfo Prapto Raharjo dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Dwi Wahyuni  Hariyati,   yang turut serta mendampingi dalam Uji Publik tersebut setelah dinyatakan lolos saat visitasi yang dilakukan Komisi Informasi beberapa waktu lalu.

Kabid Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Rembang , Aprilia Hening mengatakan Wakil Bupati persentasi di depan panelis selama 15 menit. Kemudian dilanjutkan pendalaman atau pertanyaan dari Panelis kepada Wabup Hanies selama 15 menit.

Kabid yang akrab disapa Sari itu mengatakan Wabup menyampaikan implementasi tentang program Rembang Gemilang (Gemati, Gampil dan Gamblang) yang bertujuan untuk mewujudkan Good Governance terutama tentang keterbukaan informasi publik.

“Jadi tadi menyampaikan program- program inovasi dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendukung terkait kemudahan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik yang terbuka dan transparan, ” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinkominfo Rembang, Prapto Raharjo mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh OPD yang telah  bersama-sama berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam pelayanan masyarakat. Dirinya pun memberikan apresiasi kepada jajarannya.

“Terimakasih pada teman-teman Dinkominfo terutama Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) yang telah menyelesaikan tugas  Uji Publik di UNNES Semarang. Semoga bisa memperoleh hasil yang terbaik dan menjadi pengalaman buat kita kedepan lebih baik lagi, ” tandasnya. ”

Ada empat panelis dalam uji publik keterbukaan informasi publik kali ini. Mereka adalah Zaenal Abidin, S,Si, M.Cs, Ir. Djoko Sutrisno, M.Si, Dr. Umar Ma’ruf,SH, SpN, M.Hum dan Widi Hariyanto S.Sos. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version