Pemerintah Kabupaten Rembang

Rembang Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tiga Kali Berturut-turut

????????????????????????????????????

Kabupaten Rembang telah mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2016 dan 2017 lalu. Di akhir tahun 2018, Kota Garam kembali meraih penghargaan yang sama, artinya sudah tiga kali berturut- turut.

Kabag Hukum Setda Rembang, Tri Harjanto melalui Kasubbag Bantuan Hukum dan HAM , Eko Prasetyo Wijanarko saat ditemui reporter CBFM, Sabtu (15/12/2018)mengatakan penghargaan yang ketiga kalinya diraih Rembang itu diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly kepada Bupati Rembang H. Abdul Hafidz pada acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke-70 di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Selasa (11/12/2018). Dalam acara tersebut juga dihadiri pula Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Muhammad Jusuf Kalla.

Eko menjelaskan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada beberapa Kepala Daerah, atas segala komitmen dan upayanya untuk memenuhi hak-hak dasar warga dan masyarakatnya.

Ia mengungkapkan kriteria Kabupaten yang peduli terhadap HAM cukup banyak, diantaranya di dalam perencanaan program dan pelaksanaannya wajib memenuhi standart hak- hak dasar manusia. Terutama pelayanan kesehatan, pendidikan sampai ke difabel termasuk kesempatan kerja.

“Dengan penghargaan tersebut tentu semakin memacu Pemkab Rembang untuk terus konsisten untuk memberikan pelayanan dan pemenuhan hak- hak asasi manusia , bagi masyarakat terutama dalam hal pendidikan bagi mereka yang berkebutuhan khusus, dalam hal kesehatan, kesempatan berusaha dan bekerja serta penyediaan infrastruktur,” imbuhnya.

Tahun ini Kemenkumham memberikan penghargaan kategori Peduli HAM kepda 271 kabupaten/kota. Dan yang masuk kategori Cukup Peduli ada 75 Kabupaten/kota.

Exit mobile version