Pemerintah Kabupaten Rembang

Rembang Raih Penghargaan Pelopor PUSPAGA Mandiri 2018

Pemkab Rembang meraih penghargaan sebagai Pelopor Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Mandiri 2018, penghargaan serupa juga diraih Kota Surakarta dan Kota Magelang. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise kepada Bupati yang diwakili oleh Pendiri PUSPAGA Sakinah Mawadah Warohmah (SAMARA) Kabupaten Rembang H.Hasiroh Hafidz, di Sabuga ITB Bandung, Minggu (16/12).

Hasiroh Hafidz yang juga merupakan Istri dari Bupati Rembang H.Abdul Hafidz mengaku dengan penghargaan tersebut terpacu lagi untuk mengembangkan PUSPAGA di Rembang. PUSPAGA di Rembang sejak berdiri telah mandiri dengan hanya didukung anggaran dari Pemkab Rembang tanpa bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Kabupaten Rembang harus lebih bersemangat untuk menjalankan kegiatan PUSPAGA ini, di Rembang PUSPAGA sudah mandiri dengan didukung semua relawan. Di kabupaten lainnya PUSPAGA masih disokong dari Pemerintah Pusat sekitar Rp. 48 juta, “ ungkapnya.

PUSPAGA SAMARA juga telah menjalin kerjasama dengan Pengadilan Agama terkait dispensasi terhadap mereka yang mengajukan ijin nikah namun masih belum cukup umur. Mereka ingin menikah harus mendapatkan konseling terlebih dulu dari PUSPAGA SAMARA.

“Anak-anak yang mau menikah ini harus diberi konseling dulu, jadi jangan sampai setelah menikah tidak tahu kemana arah tujuannya. Kita menunda bukannya menolak, tapi mengundurkan atau ditunda agar semuanya sudah mumpuni, kondisi tubuh , pola pikir sampai ekonomi sudah siap,” terangnya.

Lembaga yang dibentuk sebagai tempat pembelajaran untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera itu berdiri 2016. Anggota PUSPAGA SAMARA terdiri atas relawan dengan berbagai disiplin ilmu diantaranya kesehatan, Psikologi, Konselor dan Pendidikan.

Hingga saat ini PUSPAGA SAMARA telah meluncurkan sejumlah layanan. Diantaranya layanan tumbuh kembang anak dan remaja , konsultasi keluarga, konseling calon pengantin, kursus calon pengantin pemeriksaan lansia. Selain itu mereka juga memberikan konseling bulanan di Pondok Alhamdulillah Sulang, pemberian materi Parenting pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan materi pendidikan seksual dan pengasuhan.

Di tingkat Kecamatan , PUSPAGA memiliki Relawan Fasilitator Keluarga di tingkat Kecamatan. Ke depan mereka akan mengembangkan fasilitator hingga ke tingkat Desa.

Exit mobile version