Pemerintah Kabupaten Rembang

Resmikan SMK Milik Bupati, Ganjar Senang Ada Jurusan Informatika

SMK Arrohmaniyah yang dirintis oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz kini sudah beroperasi. Peresmian sekolah kejuruan di Pamotan tersebut dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (10/7/2023).

Dalam kesempatan itu Bupati Hafidz menyampaikan SMK tersebut merupakan bagian dari lembaga pendidikan yang dibuat yayasan. Selain SMK Arrohmaniyah juga ada PAUD, RA, MI dan pondok pesantren.

Bupati akan berusaha untuk mengelola SMK Arrohmaniyah secara profesional. Meskipun seorang Bupati, tidak ada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang digunakan untuk membantu pembangunan gedung SMK tersebut.

“Yang saya hindari, ojo nganti (jangan sampai) mentang-mentang bupati, punya teman gubernur, DPRD, APBD jor-jor an. Insya Allah serupiah tidak ada dari APBD, ” tegasnya.

Kepala daerah asli Pamotan itu juga mengungkapkan keinginannya untuk membuka perguruan tinggi kesehatan.

“Paling tidak Stikes, atau Akper atau Akbid lah di sini. Ini lahannya sudah ada, ” imbuhnya.

Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasi atas pendirian SMK Arrohmaniyah, terlebih sudah penuh siswanya di tahun ajaran baru ini. Infonya sudah ada 232 siswa, jika tidak dibatasi bisa mencapai 400an siswa.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau salah satu ruang kelas SMK Arrohmaniyah didampingi Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Anggota DPR RI, Arwani Thomafi

Menurutnya keterlibatan sekolah swasta dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat dibutuhkan. Terlebih SMK ini memiliki jurusan terkait informatika.

“Ada jurusan informatika di sini, ini bisa menyongsong masa depan meskipun berada jauh dari ibukota. Artinya kelak akan muncul anak- anak yang memiliki ketrampilan tinggi dalam ilmu IT yang akan mengisi slot- slot pekerja yang expert (ahli), ” ungkapnya.

Ganjar menyebut sekolah ini dapat menjadi salah satu tempat yang membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Dengan ketrampilan dan kemampuan yang bagus, mereka dapat bekerja di tempat yang baik dan berpenghasilan tinggi kemiskinan berkurang.  (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version