Pemerintah Kabupaten Rembang

Respon Cepat “Halo Bupati”, Langsung Jenguk Kasnadi Yang Lumpuh Puluhan Tahun

Setelah melakukan pemantauan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di desa Landoh , Glebek Kecamatan Sulang dan desa Logung Kecamatan Sumber,

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz, Sekda Rembang, Subakti, menyempatkan diri menjenguk Kasnadi (57) dusun Majasem desa Kedungasem Kecamatan Sumber, Rabu (6/12/2017). Lelaki paruh baya telah mengalami kelumpuhan selama puluhan tahun.

Sehari-hari Kasdani tinggal sebatang kara di rumah yang kondisinya memprihatinkan. Sedangkan untuk kehidupan sehari-haripun berasal dari uluran tangan dari para tetangga.

Saat bertemu dengan Kasnadi, Bupati tak segan untuk menyuapinya kue lapis sembari berbincang- bincang dengan penuh keprihatinan. Tak lama kemudian beberapa sumbanganpun diberikan Bupati kepada Kasnadi yang hanya bisa berbaring di tempat tidurnya.

Salah satu yang ditanyakan oleh orang nomor satu di Rembang itu yakni tentang bagaimana Kasnadi sholat. Pertanyaan itu pun dijawab dengan berbaring Kasnadi tetap menunaikan ibadah sholat lima waktu.

Bupati mengungkapkan kepada rekan media bahwa kedatangannya ke rumah Kasnadi berawal dari acara talkshow program Halo Bupati di salah satu radio swasta di Rembang yang memang rutin dilaksanakan setiap tanggal 5. Pihaknya pun selalu menindaklanjuti secara cepat berbagai keluhan dari masyarakat yang disampaikan di dalam talkshow, termasuk yang berkaitan dengan sosial, seperti di bulan November lalu saat mengunjungi Lia Rusmiati (50) warga dusun Tegalsari desa Sulang yang lumpuh sejak 10 tahun yang lalu .

Saat ditanya bantuan apa yang diberikan, Bupati yang juga didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DInsos PPKB) Sri Wahyuni dan Kabag Humas Kukuh Purwasana menyebutkan sementara ini bantuan yang bisa diberikan berupa beras dan selimut. Kemudian untuk bantuan jangka panjangnya pemkab akan memberikan bantuan tiap bulan sekitar 200 sampai Rp. 300 ribu. Rumah yang ditempati pun secepatnya akan diperbaiki mengingat rumah tempat dimana Kasnadi tinggal dinilai tidak layak huni.

“Untuk bantuan jangka pendeknya kita berikan beras dan selimut. Nah untuk bantuan jangka panjangnya pemerintah akan memberikan bantuan berupa uang antara Rp. 200 ribu sampai Rp. 300 ribu. Rumahnya dalam waktu dekat ini juga akan kita perbaiki mungkin tidak sampai bulanan, langsung kita perbaiki,” ujarnya.

Pada program talkshow Halo Bupati di studio Radio R2B, Selasa (5/12/2017) malam, Kasnadi menelpon dan menyampaikan keluhan penyakitnya. Dari situ Bupati langsung mengambil tindakan cepat untuk mengunjungi Kasnadi dan menginstruksikan dinas terkait untuk segera menindaklanjutinya.

Exit mobile version