Pemerintah Kabupaten Rembang

Ribuan BPD Kabupaten Rembang Resmi Dilantik

Sebanyak 1.664 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2026 dari 13 Kecamatan resmi dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz.

Dalam pelantikan tersebut, Ketua BPD dari desa masing-masing juga menandatangani Surat Pernyataan Komitmen BPD yang akan bertugas mengawal pemerintah desa masing-masing mulai tahun 2019-2025.

Saat memberikan sambutan pengarahan di pelantikan anggota BPD wilayah Kecamatan Pamotan, Sale dan Gunem
di aula SMAN 1 Pamotan Senin (13/1).
Bupati Rembang H. Abdul Hafidz mengatakan anggota BPD yang dilantik tidak menganggap Kades sebagai musuh melainkan sebagai mitra, dapat berkordinasi dengan Kepala Desa dalam menyalurkan aspirasi masyarakat.  Selain itu, BPD menjadi kontrol bagi Kades  agar dapat bekerja sesuai aturan.

Terpilihnya anggota BPD merupakan kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat selama enam tahun kedepan. Untuk itu, diminta anggota BPD agar mampu menjaga desa dalam suasana yang senantiasa kondusif sehingga masyarakat merasa aman, tentram, damai dalam menjalani kehidupan bermasyarakat serta merasa terayomi.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Rembang itu berharap, agar Badan Permusyawaratan Desa selaku unsur Pemerintahan Desa harus mampu mengembangkan potensinya bersama seluruh komponen masyarakat serta memahami kewajiban dan larangan yang tertuang dalam peraturan yang berlaku.

“BPD sebagai lembaga yang harus menindaklanjuti aspirasi ditengah-tengah masyarakat dan berfungsi sebagai lembaga yang mengawasi tugas-tugas kepala desa. Baik itu kebijakan maupun tugas-tugas pelaksanaan kegiatan yang ada di pemerintahan desa. itulah salah satu fungsi yang nantinya bapak ibu mau tidak mau, suka tidak suka harus menjalankan amanat itu,” jelas Bupati.

Sementara itu, salah seorang anggota BPD dari Desa Dresi Kecamatan Kaliori, Jamil mengatakan siap untuk menjalankan tugasnya dengan menjalin mitra bersama kepala desa. Selain itu juga mengawasi pembangunan desa serta menampung aspirasi masyarakat demi kemajuan di Desanya.

“Kami siap menjadi mitra Kades dan menyerap menyampaikan aspirasi warga, ”

Selain Kecamatan Rembang dan Kaliori, Pelantikan BPD juga dilaksanakan disejumlah kecamatan lainnya. Diantaranya Kecamatan Sulang, Pamotan, Lasem, dan Kragan.

Masa purna tugas Anggota BPD paling banyak adalah hari ini, sesuai Perbup Nomor 20 tahun 2019 maka dilantik hari ini juga semuanya. Sedangkan yang sudah dilantik terlebih dulu yakni Tasikagung dan Sawahan Kecamatan Rembang dan BPD Desa Pacing Kecamatan Sedan. Bulan Februari besok , anggota BPD di 38 desa juga dilantik menyesuaikan masa purna tugas .

Exit mobile version