Pemerintah Kabupaten Rembang

Semangat Pahlawan Jadi Senjata Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Tema ini diangkat untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Hal itu disampaikan Bupati Rembang H.Abdul Hafidz saat menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Rembang, Jum’at (10/11/2023). Bupati Rembang membacakan pidato dari Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Bangsa Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah dan kandungan mineral yang beragam. Kekayaan itulah tantangan bagi generasi penerus , bagaimana bisa mengelola untuk kesejahteraan Bangsa dan Negara.

Bupati menyebutkan keyakinan akan menaklukkan ancaman dan tantangan itu ada. Para pejuang 10 November 1945 sudah mencontohkannya.

“Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan, ” tegasnya.

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa, kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah.”

Waktu itu pejuang bangak yang hanya berbekal bambu runcing, sedangkan musuh yang dihadapi merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Namun waktu itu rakyat bersatu, Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari se Nusantara, rela berkorban nyawa untuk kemerdekaan.

Hafidz menuturkan semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan, termasuk di Kabupaten Rembang. Berbagai program pengentasan kemiskinan dan dan anak putus sekolah termasuk beasiswa ke tingkat perguruan tinggi dari Pemerintah Kabupaten Rembang konsisten dijalankan.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” pungkasnya. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version