Pemerintah Kabupaten Rembang

Setelah Sumberjo, Kini Banyurowo Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Dukuh Banyurowo Desa Sulang Kecamatan Sulang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, Selasa (24/5/2022). Warganya yang menjaga toleransi beragama dan hidup rukun menjadi alasan kuat mengapa Banyurowo pantas dinobatkan sebagai Kampung Pancasila.

Di Dukuh Banyurowo juga terdapat sejumlah tempat ibadah seperti masjid dan gereja yang lokasinya berdekatan. Hal itu semakin mempertegas betapa kuatnya jalinan kerukunan antar umat beragama.

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz dalam kesempatan itu mengatakan pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila ini bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya. Disana warganya selalu menjaga kebersamaan, kerukunan, toleransi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Ayo bersama bersatu padu membangun kerjasama, mendukung pembangunan di kabupaten Rembang yang di dasari dengan pancasila ,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati berharap adanya kampung Pancasila dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, mencegah paham radikalisme dan menggelorakan gotong royong agar tidak di rongrong negara lain.

“Semoga di masing-masing desa dikecamatan Sulang dapat mencontoh pembentukan kampung pancasila yang ada di dukuh Banyurowo desa Sulang ini.”

Sementara itu Dandim 0720 Rembang, Letkol Kav Donan Wahyu Sejati menuturkan Pancasila sebagai ideologi bangsa harus terus diamalkan dalam kehidupan sehari- hari masyarakat. Kampung Pancasila menjadi salah satu cara untuk menjaga dan memelihara Pancasila yaitu melestarikan nilai yang terkandung dan bersama menciptakan kerukunan.

“Pancasila sesuai dengan arahan Bapak Kasad untuk jajaran angkatan darat, Bapak Jenderal Dudung menyampaikan, segera mensosialisasikan lebih luas lagi khususnya dengan pembentukan kampung-Kampung Pancasila ini,” tuturnya.

Pencanangan Banyurowo sebagai Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Rembang H.Abdul Hafidz. Sebelum Banyurowo Desa Sulang, Desa Sumberjo Kecamatan Rembang juga telah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila pada 31 Maret 2022 lalu. (Mif/Rud/Kominfo)

 

Exit mobile version