Pemerintah Kabupaten Rembang

Sistem Informasi Desa Untuk Mewujudkan Profesionalitas Pemdes

Cibolek Institut bekerja sama dengan Klinik Teknologi Tepat Guna Kabupaten Rembang menyelenggarakan pelatihan dengan tema Sistem Informasi Desa Untuk Mewujudkan Profesionalitas Pemdes dan Membangun Peran Serta Publik Dalam Mengelola Dana Desa. SID yang dijadikan modul adalah open SID versi 1.11  yang dibuat pertama kali oleh Combine Resource Institut, bersifat open source, terbuka untuk dikembangkan secara bersama-sama. Fungsi dan kemampuannya bisa terus dikembangkan sesuai kebutuhan.

Hadir dalam seminar tersebut Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Ibu Andi Purnamawati, M.Si. Acara yang diselenggarakan Minggu 12 Maret 2017 di Gedung Hijau Rembang itu dihadiri tidak kurang dari 60 orang terdiri dari unsur perangkat desa, POSYANTEK se- Kabupaten Rembang dan netizen dari banyak desa yang berkomitmen untuk mengembangkan desa online (layanan desa berbasis web).

Menurut Ketua Panitia, Royani Marhan,target yang ingin dicapai adalah rembang go online 2017, 294 desa dan kelurahan punya website desa sekaligus sistem layanan online, sehingga semua desa mempunyai data yang akurat, potensi bisa di ekspos ke seluruh dunia. Dengan SID tiap desa mempunyai data yang akurat yang bisa digunakan untuk banyak keperluan, sehingga semua data yang diperlukan oleh pengambil keputusan dari tingkat kabupaten sampai provinsi bisa tersedia secara cepat dan akurat. Tidak berhenti sampai disitu, SID bisa di kembangkan untuk e-coomerce hasil-hasil pertanian, peternakan dan produk UKM yang ada di desa. Ini akan sangat menarik generas muda, berbuat sesuatu untuk kemajuan desanya.

Exit mobile version