Pemerintah Kabupaten Rembang

Sudah Memiliki ERM, Finger Spot dan Antrian Mobile JKN, Puskesmas Pancur Jadi Yang Terbaik di Indonesia

Pada akhir tahun 2023 ini Puskesmas Pancur membawa nama baik Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Rembang. Puskesmas  yang dipimpin oleh dr. Samsul Anwar itu meraih penghargaan Digital Transformation Award BPJS Kesehatan 2023.

Transformasi mutu layanan kesehatan berupa  finger spot dan Elektronik Rekam Medik (ERM) telah diterapkan di Puskesmas ini sejak bulan Juli 2023.  Selain itu antrian mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memudahkan warga Kecamatan Pancur untuk berobat di Puskesmas ini.

Penggunaan Finger Spot BPJS ini, baru Puskesmas Pancur yang memberlakukan untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Jawa Tengah waktu itu. Sedangkan ERM   Puskesmas Pancur merupakan pertama se-Kabupaten Rembang.

Dalam penilaian transformasi mutu layanan kesehatan pada FKTP ini, Puskesmas Pancur mewakili Jawa Tengah. Hal inipun menjadi bukti bahwa pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan terbilang baik.

dr. Samsul Anwar , Kepala Puskesmas Pancur saat dihubungi via telepon mengungkapkan prestasi ini berkat kerja keras seluruh jajaran Puskesmas Pancur.

dr. Samsul menambahkan proses penilaian dimulai sejak bulan Juli sampai awal November 2023. Mereka berhasil unggul atas sejumlah Puskesmas di kota- kota besar.

“Dari regional jawa tengah kami mewakili, karena kami yang sudah ERM, finger spot dan icare. Saat itu kami bersaing dengan Solo dan yang lain, alhamdulillah dapat juara satu, kemarin tingkat nasional juara satu juga dapat juara satu juga mengalahkan beberapa perwakilan provinsi lainnya, ” ungkapnya.

Tim juri melakukan penilaian secara menyuluruh. Mulai dari kunjungan pasien sampai kepuasan pasien.

“Launching ERM dan finger spot Juli kemarin sangat bermanfaat sekali. Kami bisa mengurangi penggunaan kertas atau paperless dan mengurangi antrian di puskesmas, yang artinya sangat membantu pasien, ” terangnya.

Dengan Elektronik Rekam Medik dan Finger Spot memiliki kelebihan untuk pengamanan data pasien dan   masyarakat tidak akan kehilangan BPJS, karena otomatis sudah terekam dan bisa dimanfaatkan di mana- mana. Hingga bisa melacak jenis dan riwayat penyakit pasien meskipun berobat di luar kota.

Penghargaan tingkat nasional ini menurutnya menjadi motivasi kuat bagi jajaran puskesmas pancur untuk menatap tahun 2024. Semangatnya untuk terus meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat semakin meningkat.

Pengumuman penghargaan sendiri dikemas dalam suatu acara. Dalam video yang beredar di media sosial Selasa 5 Desember 2023, jajaran pegawai Puskesmas Pancur terlihat mengikuti melalui zoom, dan bersorak ria usai mendengar bahwa FKTP tempat mereka bekerja diumumkan sebagai juara 1 nasional Transformasi digital mutu layanan kesehatan. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version