Pemerintah Kabupaten Rembang

Taman Batik Akar Kartini Resmi Dibuka

Bertepatan peringatan wafatnya Raden Ayu (RA) Kartini, Kamis (17/9/2020) destinasi wisataTaman Batik Akar Kartini (TBAK) resmi dibuka. Wisata baru yang berlokasi di kompleks makam RA Kartini Desa Bulu Kecamatan Bulu itu diresmikan oleh Wakil Bupati Rembang H.Bayu Andriyanto.

Wabup mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar RA Kartini yang berperan serta dalam proses terwujudnya destinasi wisata tersebut. Sebagai contoh yang menginspirasi, Desa Bulu saat ini dipimpin oleh seorang wanita dapat memberikan prestasi yang sangat luar biasa bagi pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang pada khususnya.

“Ini adalah moment yang sangat luar biasa. Saya sangat bangga atas munculnya penerus Kartini. Yang tidak lain adalah Kepala Desa Bulu Suharyati yang telah memberikan inspirasi luar biasa kepada masyarakat sekitar. Ikut membangun Rembang menjadi lebih baik. Untuk kedepannya, stake holder maupun dinas terkait, akan memberikan bantuan agar lebih maju dan berinovasi lebih baik,” kata Wabup.

Sementara itu Kepala Desa Bulu Suharyati menyebutkan wisata seluas 1 hektar itu dilengkapi joglo sekaligus restoran yang di dalamnya terpajang galeri batik tulis lasem dan aneka meja kursi dari akar pohon jati.

Pengunjung juga dimanjakan dengan ratusan tanaman bunga yang cantik, seperti bunga Celocia cocok untuk berswa foto. Banyak pohon – pohon besar juga yang meneduhkan.

“TBAK berawal dari visi dan misi Desa Bulu untuk menciptakan Destinasi Wisata. Dalam rangka untuk lebih menghargai dari ikon RA Kartini. Ingin membuktikan figur perempuan dapat merubah apapun. Dan merupakan bukti nyata bahwa seorang perempuan juga bisa mendorong pembangunan, ” imbuhnya.

Total anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan obyek wisata tersebut sekira Rp 7 miliar. Biayanya menggunakan anggaran pribadi sang Kades, disokong Dana Desa dan iuran warga setempat.

Exit mobile version