Pemerintah Kabupaten Rembang

Tangis Haru Warnai Kedatangan Jamaah Haji Rembang

Tangis bahagia menyambut kedatangan jamaah haji kloter 82 di Kabupaten Rembang, Rabu (17/7/2024) sekitar pukul 08.20 WIB. Keluarga meluapkan kerinduan mereka terhadap jamaah haji yang telah melaksanakan ibadah haji selama lebih dari satu bulan.

Ribuan keluarga dari jamaah haji asal Rembang telah memadati jalan Rembang-Blora, tepatnya di kantor Kecamatan Rembang, beberapa jam sebelumnya. Pelukan hangat dan isak tangis pecah saat keluarga memeluk jamaah haji di halaman kantor Kecamatan Rembang tempat transit setelah para jamaah haji turun dari bus.

Suwarni, salah satu keluarga jamaah haji Yatmin asal Desa Sendangagung, Kecamatan Kaliori, merasa bersyukur sang ayah yang berangkat ke tanah suci sendirian dapat menyelesaikan rukun Islam kelima. Bersama saudaranya, ia senang sang ayah bisa kembali bertemu dengan keluarga.

“Bahagia sekali, mbah kakung bisa menunaikan ibadah haji yang selama ini dinantikan, dirindukan. Alhamdulillah berangkat dan pulang selamat. Dulu daftarnya sama ibu, tapi sudah meninggal duluan,” ungkapnya.

Subkhan, Koordinator Pendamping Bus Kloter 82, menyebut ada 239 jamaah haji yang tergabung dalam kloter 82 diangkut dengan lima bus. Dua jamaah haji harus diangkut dengan mobil ambulans karena mengalami gangguan kesehatan ringan untuk langsung diantar ke rumahnya masing-masing.

“Ada satu jamaah haji kloter 82 yang meninggal di tanah suci atas nama Siti Koni’ah dari Kaliori. Total jamaah haji asal Kabupaten Rembang tahun ini 1.080 dan yang meninggal 3 orang,” ujarnya.

Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Wakil Bupati Rembang M. Hanies Cholil Barro’ menjemput langsung para jamaah haji di Asrama Donohudan Solo. Bupati menyampaikan selamat kembali ke tanah air kepada para jamaah haji asal Kabupaten Rembang. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara ibadah haji atas kinerjanya.

“Semoga panjenengan sedaya jadi haji mabrur,” harapnya.

Gelombang kedatangan jamaah haji di Kabupaten Rembang dimulai pada Selasa (16/7/2024), yaitu kloter 80 dan 81. Sementara kloter 82, 83, dan 84 tiba di Kota Garam pada hari Kamis ini. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version