Pemerintah Kabupaten Rembang

Tekan Dampak El Nino, Bantuan Cadangan Pangan Beras Mulai Disalurkan

Pemerintah Kabupaten Rembang mulai menyalurkan bantuan cadangan pangan berupa beras pada hari Senin (11/9/2023) ini. Bantuan ini bertujuan untuk menekan dampak fenomena El Nino yang membuat harga pangan naik.

Penyaluran perdana ini menyasar tiga desa di wilayah Kecamatan Lasem. Bulog disertai dinas terkait menyalurkan bantuan pangan ke desa Sendangcoyo, Tasiksono dan Ngemplak. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan ini semuanya berasal dari data Program Keluarga (PKH)

Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang Dyah Ajeng Trenggonowati saat dikonfirmasi menyebut ada 710 KPM yang menerima bantuan cadangan pangan dari tiga desa tersebut. Tiap KPM mendapatkan 10 kilogram beras dengan kualitas medium.

Ajeng menuturkan tugasnya dalam hal ini adalah melakukan monitoring. Mulai mengecek jumlah bantuan sudah sesuai atau tidak dengan data.

“Kemudian mengecek kualitas mutu kualitas beras tersebut apakah layak dikonsumsi atau tidak. Jika ada beras yang sudah kuning, apek, tidak layak  itu kami konfirmasi ke bulog dan bulog akan mengganti dengan beras yang layak konsumsi, ” terangnya.

7.100 kg beras  diberikan kepada 95 KPM dari Desa Tasiksono, 370 KPM berasal dari Desa Sendangcoyo  dan 245 KPM untuk Desa Ngemplak. Semuanya sudah layak konsumsi. Tidak ada yang kuning, bersih dan layak untuk dikonsumsi KPM.

Jumlah total penerima bantuan cadangan pangan ini sebanyak 72.977 KPM. Targetnya dalam satu minggu ini penyaluran selesai, Presiden Joko Widodo meminta agar penyaluran dipercepat untuk pengendalian inflasi.

“Untuk bulan September penerimanya jumlahnya 72.977 KPM. Kemudian bulan Oktober dan November juga sama, ” tandasnya. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version