Pemerintah Kabupaten Rembang

Tiga Hari KRI Dewa Ruci Siap Menyambut Warga Jawa Tengah

Siapa yang pernah dengar Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci? Kapal ini pernah berlayar keliling dunia dan mengemban tugas sebagai Duta Indonesia di dunia Internasional serta Duta Maritim. Kapal ini dibangun pada 1952 oleh galangan HC Stulken & Sohn, Hamburg, Jerman dan telah melakukan pelayaran ribuan kilometer ke seluruh dunia.

Tahun ini KRI Dewaruci sudah berusia 70 tahun. Selama puluhan tahun KRI Dewaruci telah melahirkan banyak pelaut andal TNI AL. Kapal latih TNI AL ini memiliki 16 layar beragam ukuran, lebar 9,50 meter, panjang 58,30 meter, bobot kapal 874 ton, dan mempunyai kecepatan mesin 10,5 knot dan kecepatan dengan layar 9 knot.

Nah ada kabar baik nih, bagi kalian yang ingin melihat dari dekat bahkan bisa menaiki KRI Dewaruci. Kapal tersebut akan merapat di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan  Open Ship 21-23 Maret 2023. Kegiatan tersebut digelar oleh Mako Lanal Semarang dalam sebuah rangkaian acara bertajuk Festival Dermaga (Dewaruci Menyapa Warga).

Selain bisa menjadi wisata keluarga, openship ini juga sangat bagus untuk para pelajar dan mahasiswa yang ingin mengulik nilai nilai historis KRI Dewaruci sambil menikmati eksotisme ruangan ruangan di dalamnya, ” papar Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Kolonel Mar Hariyono Masturi M Tr Hanla MM.

Tak hanya naik kapal saja, di sana warga juga bisa menyaksikan dan mengikuti berbagai lomba. Ada juga panggung hiburan dan azar produk UMKM. Menurut Kolonel Mar Hariyono Masturi, ekspedisi KRI Dewaruci ke berbagai kota ini merupakan kegiatan tahunan TNI AL. “KRI ini sangat bersejarah bagi bangsa dan negara kita tercinta Indonesia, ” tuturnya.

Secara terpisah Danpos TNI AL Rembang  Lettu Laut (E) Jion) menambahkan Festival Dermaga  KRI Dewaruci Menyapa Warga merupakan festival bahari dalam rangka menyambut sandarnya KRI Dewaruci dan KRI Makassar di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dalam rangkaian tugasnya mengarungi samudera Indonesia. “Melalui momentum festival ini, diharapkan dapat memperkenalkan eksistensi KRI Dewaruci yang bersejarah serta menunjukkan kekuatan pertahanan laut Indonesia kepada masyarakat Jawa Tengah, khususnya Rembang terutama kepada para generasi muda dalam rangka membangun semangat patriotisme dan kecintaan terhadap pertahanan laut NKRI, ” tutur nya.

Kegiatan nantinya akan di ramaikan oleh 300 UMKM unggulan yang berasal dari kuliner, batik, fashion, dan kriya, dengan di meriahkan oleh pertunjukan marching band PIP. Selain itu ada tarian budaya, openship, lomba Variasi Formasi bertema Indahnya laut indonesia, lomba mewarnai dan fashion show, festival cosplay lomba rebana, senam massal bertema bahari serta ngabuburit dan bazar. ()

Exit mobile version