Pemerintah Kabupaten Rembang

Tim Penilai PHBS Provinsi Turun ke Mondoteko

Desa Mondoteko Kecamatan Rembang terpilih untuk mewakili Pemerintah Kabupaten Rembang dalam Lomba Desa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ke Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Hal ini merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak PKK, yang hingga saat ini terus melakukan upaya pembinaan dan pemantauan.

Setelah melewati tahap seleksi administrasi yang telah diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Rembang ke tingkat Provinsi, ternyata Desa Mondoteko berhasil masuk enam besar nominasi lomba Desa PHBS se-Provinsi Jawa Tengah. Selain Rembang, lima Kabupaten / Kota lainnya yakni Kabupaten Boyolali, Grobogan, Banjarnegara, Temanggung, Pekalongan.

Tim penilai dari Provinsi , Kamis (3/10/2019) tiba ke Desa Mondoteko untuk melakukan verifikasi dan evaluasi.

Mereka disambut langsung oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz , Jajaran TP PKK Kabupaten Rembang, Dan OPD terkait.

Selain ucapan selamat datang, Bupati menjelaskan untuk hidup yang sehat maka diperlukan hal yang harus dilalui, baik itu regulasi, program, dan aksi. Ketiga hal tersebut menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

“Setelah kami deklarasikan tahun 2018 bahwa rembang ini sudah bebas dari buang air besar sembarangan dengan fakta semua warga masyarakat Kabupaten Rembang sudah memiliki jamban meskipun masih ada perilaku yang tidak bersahabat dengan jamban tetapi dengan arahan penyampaian manfaat PHBS ini sangat tinggi akhirnya kesadaran masyarakat ini mulai muncul untuk bersahabat dengan jamban.”

Ketua Tim Evaluasi Provinsi Wahyu Setyaningsih selain mengenalkan nama dan tugas dari anggota timnya, Ia juga mengatakan bahwa lomba ini merupakan suatu cara untuk mendorong sistem berjalan lebih baik dilapangan.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang Hj. Hasiroh Hafidz mengungkapkan bahwa selain perilaku hidup sehat, peran kerja sama dari masyarakat juga diperlukan, karena tanpa keikutsertaan dari masyarakat maka PHBS tidak akan terlaksana.

Setelah berbincang di rumdin Bupati, tim penilai meninjau ke sejumlah titik yang berkaitan dengan PHBS di Mondoteko. Diantaranya rumah sehat, Bank Sampah, Posyandu dan rumah- rumah warga untuk menilai 16 indikator PHBS, seperti sudah dilengkapi jambankah rumah warga dan adakah perokok di dalam keluarga.

Exit mobile version