Pemerintah Kabupaten Rembang

Tingkatkan Kesadaran Akan Kesehatan, RSUD dr R. Soetrasno Gelar Talkshow di Rembang Expo

Pada Selasa (23/7/2024), RSUD dr. R. Soetrasno bersama Dharma Wanita menggelar talkshow kesehatan di Rembang Expo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi perempuan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan keberanian untuk memeriksakan diri ke dokter.

Talkshow ini diikuti oleh ratusan anggota Dharma Wanita dan menghadirkan dokter spesialis penyakit dalam, dr. Mustain, yang membahas pentingnya menjaga kesehatan sendi. “Peserta, baik yang hadir langsung maupun melalui streaming YouTube, mendapatkan informasi mengenai pencegahan, jenis makanan yang harus dikonsumsi, dan pentingnya konsultasi ke dokter saat ada tanda-tanda kurang sehat,” jelas dr. Mustain.

Selain itu, dr. I Made Prasetya Wardana, dokter residen yang sedang menempuh pendidikan spesialis ginekologi, membahas pentingnya menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. “Penyakit seperti kanker serviks masih menjadi ancaman serius bagi perempuan,” ungkap dr. Prasetya.

Kasi Informasi RSUD dr. R. Soetrasno, Tabah Tohamik, menyatakan bahwa edukasi atau kegiatan promotif peningkatan kesehatan masyarakat merupakan tugas rumah sakit selain kuratif dan rehabilitatif. “Harapannya dengan talkshow ini ada peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan,” ujarnya.

“Diharapkan dengan peningkatan kesadaran itu, penyakit bisa dicegah sedini mungkin. Gejala sekecil apapun harus segera diperiksakan dan mendapatkan penanganan,” tambah Tabah.

Ketua Dharma Wanita Persatuan RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, Sitta Chirana Agus Setyo, menyadari bahwa perempuan masih merasa takut untuk memeriksakan diri ke dokter. “Pergi ke dokter tidak hanya saat sakit saja,” tegasnya.

“Kadang-kadang menstruasi yang kurang lancar disepelekan karena dianggap kecapekan. Masyarakat harus diedukasi tentang hal ini. Di rumah sakit ada alat mamografi untuk memeriksa payudara dan deteksi kanker serviks juga bisa dilakukan melalui air seni. Jika ada tanda-tanda kurang baik, baru dieksplorasi lebih lanjut,” ungkap Sitta. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version