Pemerintah Kabupaten Rembang

TMMD ke 112 Bangun Jalan Tembus Trembes Kulutan

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 menyasar pembuatan akses jalan Desa Trembes- Kulutan Kecamatan Gunem. Selain pembangunan fisik, penanganan stunting juga akan dilakukan.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0720/ Rembang, Letkol Kav Donan Wahyu Sejati
Saat acara pembukaan TMMD di Rumah Dinas Bupati Rembang, hari Rabu (15/9).
mengatakan TMMD ini membangun jalan tembus dari Trembes ke Kulutan sepanjang 1,2 kilometer. Tak hanya itu ada program tambahan seperti rehab 3 rumah tak layak huni, rehab masjid dan rehab madrasah diniyah.

“Pembangunan jalan tembus trembes ke kulutan dengan makadam, juga termasuk sarananya, seperti jembatan, tebing , talud. Ada sasaran tambahan seperti rehab rumah tak layak huni 3 unit, rehab masjid al-furqon, rehab madrasah diniyah trembes, ” ujarnya.

Kemudian kegiatan non fisik selain penyuluhan, TMMD kali ini juga menfokuskan pada pencegahan stunting. Dimana sebelumnya hanya berupa penyuluhan, namun pada TMMD kali ini akan melakukan bantuan kepada masyarakat.

“Penanganan stunting ini, kebijakan dari Kementerian Kesehatan meminta kami untuk ikut menangani. Kalau selama ini penyuluhan, nanti dapat berupa bantuan dari Kemenkes langsung kepada Satgas stunting di wilayah, ” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Rembang, Abdul Hafidz menuturkan TMMD merupakan program yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. Salah satu bukti manfaat TMMD yaitu membantu masyarakat di daerah terpencil yang yang sukar terjangkau antar desa.

“Di Trembes ini ke Kulutan, ini tidak ada jalan akses. Tapi dengan TMMD ini ada saja. Jadi, potong kompas dari segi akses jalan ini cukup jauh. Kalau dari Trembes lewat Gunem atau lewat Pamotan ini muter. Keliling. Tetapi dengan adanya TMMD ini, dari Kulutan bisa masuk Trembes,” imbuhnya.

Bupati menambahkan dari sisi sosial dan ekonomi TMMD menghemat anggaran karena adanya peran serta masyarakat lewat gotong royong dan menyatukan antara TNI dengan masyarakat.
Program TMMD yang menyasar Desa Trembes Kecamatan Gunem ini berlangsung sampai 14 Oktober 2021.
(Mif/Rud)

Exit mobile version