Pemerintah Kabupaten Rembang

TMMD Sengkuyung  Sasar Dukuh Tajen Pamotan

Program TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2023, Kodim 0720 Rembang menyasar dukuh Tajen Desa Pamotan. Bupati Rembang Abdul Hafidz membuka kegiatan tersebut di lapangan Palapa Pamotan, Rabu (12/7/2023).

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Dandim 0720/Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak, Kapolres Rembang AKBP Suryadi dan Ketua Persit KCK Cab XLI Dim 0720/Rembang Ny. Erna Simanjuntak, Jajaran Forkopimda Kabupaten Rembang, Forkompincam Pamotan dan Pemdes Desa Pamotan serta masyarakat desa Pamotan.

Dalam pidatonya Bupati Hafidz mengatakan  TMMD merupakan  program Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terpadu dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah non Kementerian, POLRI, Pemerintah Daerah serta seluruh komponen masyarakat. Sasarannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan fisik, khususnya di daerah-daerah terisolir, tertinggal, rawan bencana, daerah perbatasan, wilayah pasca konflik dan wilayah perkotaan yang kumuh.

“Berbagai pembangunan sarana prasarana perdesaan dari pelaksanaan TMMD selama ini telah dapat dinikmati oleh warga desa. Begitupun upaya pemberdayaan telah berhasil memperkuat semangat masyarakat dalam menggali dan mengelola potensi desanya agar makin maju dan sejahtera, ” ujarnya.

Keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat seperti yang terjalin di TMMD, dikatakan Bupati telah menjadi salah satu pilar untuk tetap tegaknya NKRI. Nilai-nilai ini merupakan kekuatan yang sangat dahsyat untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, pembangunan SDM, dan lain-lain

Abdul Hafidz berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk meneguhkan semangat kebersamaan. Menyajikan karya nyata bagi kemajuan dan kemaslahatanmasyarakat.

“Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui TMMD dapat menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalanterkini dengan solusi.”

Kebersamaan dalam TMMD merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa.Termasuk membantu Pemerintah Daerah mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita optimalkan berbagai program lintas sektoral untuk Kabupaten Rembang yang semakin baik dan sejahtera. Saya ingin desa-desa di Kabupaten Rembang semakin maju, mandiri, serta kehidupan masyarakatnya semakin makmur dan sejahtera, ” harapnya.

Sementara ity Dandim 0720/Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak menambahkan sasaran TMMD ada dua, yaitu sasaran fisik dan non fisik. Sasarannya meliputi saluran air drainase P 275 M X L 0,8 M x T 1 M, Plat beton P. 8 M x L 1,3 m x T 1 M dan rabat beton P 80 M x L.3M x T. 0,10 M sasaran Nonfisik memberikan penyuluhan- penyuluhan dan memberi wawasan kebangsaan.

Dengan menyasar dukuh tajen sebagai lokasi TMMD Sengkuyung II ini diharapkan bisa mengurangi erosi ketika musim hujan tiba, serta bisa meningkatkan perekonomian di desa sekitar, ” pungkasnya. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version