Pemerintah Kabupaten Rembang

TMMD Sengkuyung Tahap II Usai, Salah Satu Manfaatnya Bisa Minimalisir Banjir

Program TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2023 Kamis (10/8/2023) resmi ditutup. Program TMMD tersebut berfokus menyasar pembangunan jalan di Dukuh Karangantik, Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang yang setiap tahunnya langganan banjir ketika musim penghujan

Penutupan ditandai penandatanganan berita acara serah terima program TMMD Sengkuyung II oleh Kodim 0720/Rembang dengan Pemkab Rembang di lapangan Palapa Kecamatan Pamotan.

Dandim 0720/Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak, S.Sos.,M.Si. mengatakan bahwa program TMMD Sengkuyung  tahun 2023 kali ini  mengangkat tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”. Tema ini mengeaskan makna bahwa TNI bersama dengan pemerintah daerah, Polri dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial.

“Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara,” ungkap Dandim Rembang.

Sasaran fisik TMMD kali ini diantaranya berupa pembangunan saluran air drainase  sepanjang 275 meter dengan lebar 0,8 meter dan tinggi 1 meter. Pencapaian sasaran fisik tersebut juga diimbangi dengan pencapaian hasil pada sasaran non fisik yang berupa penyuluhan beberapa materi, seperti kesadaran bela negara, penyuluhan hukum dan kamtibmas, kesehatan, pertanian, pendidikan, wasbang, narkoba, keagamaan, KB Kesehatan, lingkungan hidup, pengetahuan kemandirian pengelolaan SDM dan SDA, pelayanan publik dan kependudukan, ketahanan pangan, penanganan ttunting, posyandu, Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM), UMKM, dan kegiatan bakti sosial seluruh sasaran diatas dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Sementara itu Bupati Rembang Abdul Hafidz, S.Pd.I. mengatakan dengan dilaksanakannya TMMD Sengkuyung ini sangat membantu masyarakat sekitar dalam meningkatkan perekonomian. Selain itu juga mencegah banjir ketika musim penghujan karena air di lereng bukit menuju jalan semua.

“Terimakasih kepada TNI yang sudah melaksanakan program TMMD tepat waktu dan hasilnya sangat bagus. Semoga dengan di bangun infrastuktur ini tidak ada terjadi banjir yang langganan setiap tahunnya di daerah ini, ” tandasnya. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version