Pemerintah Kabupaten Rembang

UMKM Rembang Bersinergi Dengan Toko Modern

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Rembang menjalin sinergitas dengan salah satu toko modern Indomaret. Sinergitas tersebut antara lain dengan diselenggarakannya kegiatan seminar UMKM yang diselenggarakan oleh PT.Indomarco Prismatama di pendapa museum RA Kartini, Kamis (27/8).

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz dalam kesempatan itu menyampaikan, UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian di Kabupaten Rembang. Produk dan kualitas hasil UMKM sekarang juga sudah berkembang malalui pelatihan-pelatihan yang difasilitasi Pemkab.

Namun dalam perjalanannya UMKM ini menghadapi banyak permasalahan, salah satunya di pemasaran produk. Sinergitas yang dijalin dengan salah satu toko modern ternama di Indonesia ini, diharapkan dapat menjadi solusi dalam pemasaran produk-produk UMKM.

Hal itu juga sesuai dengan peraturan Menteri Perdagangan yang baru terkait sinergitas UMKM dengan Toko modern untuk mengangkat produk-produk lokal. Dengan sinergitas yang terjalin ini dirinya berharap konsistensi tetap dijaga dalam hal kesanggupan menerima produk-produk hasil UMKM.

“Kami ini mencoba untuk bersinergi, bagaimana UMKM kita ini bersinergi dengan pasar moderen. Apalagi dengan peraturan Menteri Perdagangan yang baru ini kan memang itu yang diharapkan. Bagaimana pasar-pasar moderen ini mampu mengangkat produk-produk lokal. Dan Alhamdulillah Indomaret bersinergi dengan kita. Mereka sudah menyampaikan secara gamblang dan tulus tanpa kepentingan lain kecuali hanya ingin bekerja sama dengan UMKM yang ada di Rembang,” jelasnya.

Bupati Hafidz menambahkan terus berupaya untuk membangkitkan UMKM yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Melalui program yang telah disiapkan Pemerintah pusat, sebanyak 8000 UMKM di Kabupaten Rembang mendapat bantuan sebesar Rp. 2.400.000. Tanpa hutang maupun kredit, murni bantuan untuk permodalan.

Kegiatan yang diikuti puluhan pelaku UMKM ini menghadirkan sejumlah narasumber. Diantaranya Ketua TP PKK Kabupaten Rembang Hj.Hasiroh Hafidz, dari pihak Indomaret, Dinas Kesehatan dan Bank Jateng.

Exit mobile version