Pemerintah Kabupaten Rembang

Universitas Sriwijaya Belajar Tentang PSDKU di Rembang

Jajaran Universitas Sriwijaya di Sumatera Selatan menggelar study banding pembentukan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Rembang. Pertemuan audiensi dilakukan di ruang rapat Bupati Rembang dipimpin Sekda Kabupaten Rembang Subakti Kamis pagi (29/11/2018).

Universitas Sriwijaya sendiri merupakan universitas yang menangani Akademi Komunitas Negeri (AKN). Sedangkan Rembang, merupakan Kabupaten yang berhasil membentuk PSDKU sebagai pengganti AKN.

Menurut Ketua Senat Universitas Sriwijaya Syam Heni mengatakan, ada 36 senat yang terlibat dalam studi banding yang dibagi menjadi tiga kelompok, dengan rute dan tujuan yang berbeda. Diantaranya, Rembang, Pacitan, dan Blitar.

Di pilihnya Kabupaten Rembang, karena kota garam ini penuh dengan sejarah, salah satunya adalah sejarah Raden Ayu (RA) Kartini.

“Kebetulan Politeknik Universitas Sriwijaya ada kegiatan teknik sipil. Dari anggota senat 36 dibagi tiga kelompok. Ada yang di Rembang, ada yang di Pacitan, ada juga yang di Blitar. Kita kebagian yang di Rembang. Kenapa di Rembang tujuan kita mencari informasi PSDKU. Di Rembang sendiri penuh dengan budaya, salah satunya RA Kartini.” katanya.

Sementara itu Sekda Rembang Subakti mengaku, pembentukan PSDKU merupakan komitmen Bupati Rembang H.Abdul Hafidz di bidang pendidikan. Berdasarkan saran pertimbangan kemandirian perguruan tinggi.

Pembentukan PSDKU di Rembang karena pihak Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwakarta yang melakukan pembinaan AKN di Rembang sudah mengajukan program kemandirian ke Kemendikti. Sehingga, Pemkab membentuk PSDKU.

“Saran pertimbangan dari Bupati Rembang, harus mandiri. Kita kaji kalau mandiri seperti apa, sehingga kita konsultasi dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwakarta. Bahkan dari Unsoed sudah melaporkan ke Kemendikti untuk melakukan passing out. Karena kemandirian dan sebagainya. Kita ketemu dan konsultasi, disarankan, mandiri, atau PSDKU,” kata Sekda.

Setelah semester 3 dan 4 Rembang, AKN Rembang dijadwalkan akan tutup. Sebagai pengganti, Pemkab sudah membentuk PSDKU dari perguruan tinggi UNDIP Semarang.

Exit mobile version