Pemerintah Kabupaten Rembang

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ratusan Peserta Ucapkan Ikrar Kesetiaan Pancasila

Pemerintah Kabupaten Rembang menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Bupati Rembang, Selasa (1/10/2024). Acara yang berlangsung khidmat ini diikuti oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI, Polri, mahasiswa, pelajar, serta berbagai instansi vertikal lainnya. Kehadiran berbagai elemen masyarakat ini menegaskan semangat kebersamaan dalam memperingati momen bersejarah tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang, Fahrudin, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan ini. Selain menjabat sebagai Sekda, Fahrudin yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rembang dalam upacara tersebut membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, sebagai simbol komitmen bersama terhadap ideologi bangsa.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Rembang, Abdul Rouf, turut membacakan Ikrar Kesetiaan Pancasila. Ikrar tersebut merupakan bagian dari amanat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Puan Maharani, yang menegaskan pentingnya mempertahankan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Adapun isi ikrar tersebut menyatakan bahwa bangsa Indonesia telah menghadapi berbagai ancaman sejak kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Ancaman ini, baik dari dalam maupun luar negeri, bertujuan untuk merongrong eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan ideologi Pancasila. Namun, melalui semangat kebersamaan dan berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila, bangsa Indonesia berhasil memperkokoh keberadaan NKRI.

Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting daerah, termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah, Kepala Perangkat Daerah, camat, serta unsur TNI dan Polri. Tidak hanya itu, perwakilan siswa dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga turut serta dalam kegiatan yang penuh makna ini.

Dengan terselenggaranya upacara peringatan ini, Pemerintah Kabupaten Rembang menegaskan kembali pentingnya menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, demi menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version