Pemerintah Kabupaten Rembang

Wabup Hanies: Warga Nahdliyin Jangan Sampai Gaptek

K.H. Mukhtar Nur Halim (sebelumnya Sekretaris PCNU Rembang), terpilih menjadi Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Rembang periode 2024-2029. Sementara K.H. Ahmad Chazim Mabrur terpilih menjadi Rais Syuriah PCNU Rembang dengan periode yang sama.

Keduanya dipilih saat Konferensi Cabang (Konfercab) IV yang diselenggarakan di Gedung Haji Kabupaten Rembang, Ahad (21/4).

Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’ dalam kesempatan tersebut menyampaikan ada tiga hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam program kerja pengurus baru PCNU Rembang ke depan. Meliputi generasi muda yang melimpah, pertumbuhan masyarakat urban (perkotaan) yang semakin tinggi dan digitalisasi.

“Saya kira untuk kepengurusan ke depan atau yang dibentuk pada konfercab ini, pada program kerjanya jangan pernah meninggalkan ketiga hal ini” harapnya.

Pria yang biasa disapa Gus Hanies itu menjelaskan generasi Z usia 12 – 23 tahun bisa menjadi potensi yang menjanjikan bagi PCNU Rembang ke depannya. Melalui pendidikan yang lebih modern oleh badan otonom baik IPNU/IPPNU maupun Gerakan Pemuda Ansor/Fatayat NU.

“Saat ini terjadi perubahan masyarakat kota yang cukup dinamis. Artinya, banyak masyarakat yang tinggal di perkotaan daripada di desa. Sehingga menjadi pekerjaan rumah bagi NU dalam pola dakwah dan pola pendekatan supaya digarap lebih modern dengan tidak meninggalkan tradisi-tradisi lama,” terangnya

Adik Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf itu berpesan, warga nahdliyin jangan sampai ketinggalan informasi apalagi gagap teknologi (gaptek) di tengah pesatnya perkembangan digitalisasi di era modern ini. Sebab pengelolaan organisasi ke depan lebih banyak melibatkan teknologi digital.

“Mulai dari verifikasi dan validasi kepengurusan, akreditasi organisasi dilaksanakan serba online,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Lukman Umafagur mengatakan dalam Konfercab itu diisi pemilihan ketua tanfidziyah oleh dua kandidat yaitu K.H. Mukhtar Nur Halim mendapatkan enam suara dan Agus Setyohadi Purwanto mendapat tiga suara.

“KH. Mukhtar Nur Halim sebagai ketua tanfidziyah masa khidmah 2024-2029. Sementara KH. Ahmad Chazim Mabrur terpilih sebagai Rais Syuriyah untuk ke-3 kalinya,” pungkasnya. (Ren/Rud/Kominfo)

Exit mobile version